Bentuk-bentuk hegemoni dalam kumpulan cerpen senyum karyamin karya Ahmad Tohari / Vina Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Bentuk-bentuk hegemoni dalam kumpulan cerpen senyum karyamin karya Ahmad Tohari / Vina Ramadhani

Ramadhani, Vina (2022) Bentuk-bentuk hegemoni dalam kumpulan cerpen senyum karyamin karya Ahmad Tohari / Vina Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pandangan dunia pengarang mengenai hegemoni yang tertuang dalam Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin. Hal ini selaras dengan tujuan penelitian yakni (1) mendeskripsikan bentuk hegemoni yang muncul dalam Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin berdasarkan teori hegemoni Gramsci (2) mendeskripsikan bentuk budaya yang terlibat dalam hegemoni pada Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin berdasarkan teori hegemoni Gramsci (3) mendeksripsikan dampak hegemoni serta tingkatannya dalam Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin berdasarkan teori hegemoni Gramsci. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tahapan observasi berupa penentuan sumber data dan data analisis data sesuai rumusan masalah reduksi data berupa pengumpulan data dan pemasukan data sesuai kriteria rumusan masalah serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni sebagai berikut (1) bentuk-bentuk hegemoni yang muncul secara disadari maupun tidak disadari berupa kekerasan penindasan paksaan perampasan serta provokasi (2) bentuk budaya yang terlibat berupa keyakinan nilai-nilai atau norma serta adat-istiadat (3) dampak hegemoni yang muncul berupa pembunuhan pengusiran secara tidak langsung dan perampasan serta tingkatan hegemoni berupa hegemoni yang merosot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272925

Actions (login required)

View Item View Item