Penulisan kreatif naskah drama realis serial \"aksata\" untuk menarik minat berteater bagi siswa / Arif Anwar Rizky - Repositori Universitas Negeri Malang

Penulisan kreatif naskah drama realis serial \"aksata\" untuk menarik minat berteater bagi siswa / Arif Anwar Rizky

Rizky, Arif Anwar Rizky (2022) Penulisan kreatif naskah drama realis serial \"aksata\" untuk menarik minat berteater bagi siswa / Arif Anwar Rizky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teater merupakan salah satu ekstrakulikuler bidang seni peran yang memiliki jumlah peminat yang kurang daripada bidan seni yang lain. Dikarenakan anggapan bagi Siswa yang merasa kesulitan untuk belajar berperan dan mengolahnya menjadi suatu pementasan. Naskah pementasan dapat menjadi dasar atas berkurangnya minat para pemula untuk belajar. Banyaknya naskah yang dinilai terlalu sulit dan membingungkan untuk dipelajari menyebabkan Siswa yang ingin Bela jar teater kehilangan minat mereka. Dalam konteks belajar naskah realis dipilih karena lebih mudah dicerna dan dipahami Siswa karena mendekati kehidupan sehari-hari mereka. Menulis kreatif menjadi salah satu cara dalam mengembangkan penulisan naskah series yang dilakukan oleh penulis. Aksata memiliki jumlah halaman sekitar 7-10 halaman tiap naskahnya dan memiliki 6 judul untuk dipentaskan secara terpisah. Penulis membuat naskah drama berkelanjutan (series) untuk mempermudah Siswa dalam proses menghafal naskah dan memberikan kesan menarik dikarenakan bisa dipentaskan dalam waktu yang berbeda namun dengan cerita yang masih tersambung dengan cerita sebelumnya. Timbulnya rasa penasaran akan cerita selanjutnya akan menjadi daya tarik kuat untuk naskah ini dan dapat menjadi kajian untuk pembelajaran bagi pengajar dan forum diskusi bagi penggiat serta pelaku seni teater.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272920

Actions (login required)

View Item View Item