Kontribusi empati dan efikasi diri terhadap perilaku defending pada saksi perundungan di SMK Negeri 2 Malang / Brilliance Titisari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi empati dan efikasi diri terhadap perilaku defending pada saksi perundungan di SMK Negeri 2 Malang / Brilliance Titisari

Titisari, Brilliance (2022) Kontribusi empati dan efikasi diri terhadap perilaku defending pada saksi perundungan di SMK Negeri 2 Malang / Brilliance Titisari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Titisari B. 2022. Kontribusi Empati dan Efikasi Diri Terhadap Perilaku Defending pada Saksi Perundungan di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi Progam Studi Sarjana Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. H. IM. Hambali M.Pd (2) Dr. Diniy Hidayatur Rahman S.Pd M.Pd. Kata Kunci empati efikasi diri perilaku defending saksi perundungan Siswa SMK yang menjadi saksi perundungan harus memiliki empati dan efikasi diri yang tinggi untuk mampu melakukan perilaku defending untuk menghentikan tindakan perundungan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris seberapa besar kontribusi empati dan efikasi diri terhadap perilaku defending pada saksi perundungan di SMKN 2 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain causal relationship study. Sampel penelitian berjumlah 180 saksi perundungan yang diperoleh melalui metode simple random sampling. Skala empati skala efikasi diri dan skala perilaku defending telah memenuhi uji validitas item sig. le 0 05 (0.203) dan uji reliabilitas alpha ge 0 6. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala empati dengan koefisien reliabilitas sebesar 0 897 skala efikasi diri dengan koefisien reliabilitas sebesar 0 994 dan skala perilaku defending dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.892. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial empati berkontribusi terhadap perilaku defending dengan nilai Sig. 0 003 le 0 05 (2) efikasi diri berkontribusi secara parsial terhadap perilaku defending dengan nilai Sig. 0 000 le 0 05 (3) hasil uji simultan didapatkan nilai Sig. 0 000 le 0 05 artinya variabel empati dan efikasi diri berkontribusi secara simultan terhadap perilaku defending (4) empati dan efikasi diri berkontribusi sebesar 34 5% terhadap perilaku defending. Hal ini menunjukkan terdapat konstribusi yang signifikan antara empati dan efikasi diri terhadap perilaku defending pada saksi perundungan di SMKN 2 Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bagi (1) peneliti selanjutnya agar meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku defending (2) saksi perundungan agar dapat mempertahankan perilaku defending yang sudah dilakukan dan meningkatkan kemampuan empati dan efikasi diri yang dimiliki (3) hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi bagi konselor agar mengadakan pelatihan atau menyusun program BK dengan tujuan untuk meningkatkan empati efikasi diri dan perilaku defending serta hendaknya memetakan peran-peran dalam perundungan sehingga sekolah dapat segera memberikan intervensi atau mencegah tindakan perundungan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272918

Actions (login required)

View Item View Item