Resiliensi akademik siswa SMA Negeri 3 Pamekasan dalam pembelajaran tatap muka / Alif Farras Shofiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Resiliensi akademik siswa SMA Negeri 3 Pamekasan dalam pembelajaran tatap muka / Alif Farras Shofiyah

Shofiyah, Alif Farras (2022) Resiliensi akademik siswa SMA Negeri 3 Pamekasan dalam pembelajaran tatap muka / Alif Farras Shofiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shofiyah Alif Farras. 2022. Resiliensi Akademik Siswa Sma Negeri 3 Pamekasan Dalam Pembelajaran Tatap Muka. Skripsi Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muslihati S.Ag M.Pd (II) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. Kata Kunci resiliensi akademik pandemi covid-19 siswa Pandemi Covid-19 telah merubah banyak bidang terutama bidang pendidikan. Kebijakan-kebijakan yang dikeluarakan untuk mencegah penyebaran pandemi justru menjadi masalah yang serius untuk dunia pendidikan. Hal ini karena harus dilakukan pembelajaran secara daring di rumah yang mempengaruhi tingkat psikologis siswa. Setelah diterapkannya pembelajaran tatap muka setelah dua tahun dilakukan secara daring maka ketahanan siswa harus diuji guna mengambil kebijakan yang lebih baik dalam proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat resiliensi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pamekasan. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik analisis data yaitu analisis persentase. Proses analisis data diperoleh hasil setiap dimensi resiliensi akademik yaitu Ketekunan sebesar 80 88% Mencaari bantuan adaptif 81 25% Pengaruh negatif dan respon emosional sebesar 67 78%. Ketiganya mendapatkan klasifikasi skor Baik. Dari total 176 siswa 52 siswa memiliki tingkat resiliensi akademik sangat baik dan 124 siswa memiliki tingkat resiliensi akademik baik. Oleh karena itu secara keseluruhan siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pamekasan memiliki tingkat resiliensi akademik Sangat Baik dengan nilai persentase sebesar 93 94%. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kabupaten Pamekasan memiliki tingkat resiliensi akademik yang sangat baik yaitu mendapatkan skor rata-rata 93 94% sesuai dengan klasifikasi skor yang telah dibuat dan melihat dari ketiga dimensi resiliensi akademik yaitu ketekunan mecari bantuan adaptif serta pengaruh negatif dan respon emosional yang mendapatkan skor persentase dalam klasifikasi baik. Hasil tersebut berkaitan dengan tingkat resiliensi akademik yang meliputi tanggapan perilaku dan kognitif-afektif terhadap kesulitan akademik dengan tetap mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi maka kondisi siswa saat ini siap menerima perubahan yang terjadi dalam menyelesaikan setiap tantangan akademik yang diberikan. Sistem pembelajaran tatap muka ini mampu menjadikan siswa memperoleh kesempatan belajar yang berbeda dan menantang sehingga dapat memacu segenap potensinya. Semua pihak yang terlibat dalam akademik siswa diharapkan mampu membentuk dukungan dan meningkatkan resiliensi akademik siswa karena semua siswa cenderung mengalami sebuah tantangan stress dan tekanan saat mengalami kinerja akademik yang buruk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272917

Actions (login required)

View Item View Item