Kepercayaan diri dan penerimaan diri terhadap citra tubuh siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepercayaan diri dan penerimaan diri terhadap citra tubuh siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang

Putri, Amelia Wahyuning (2022) Kepercayaan diri dan penerimaan diri terhadap citra tubuh siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Amelia Wahyuning. 2022. Kontribusi Kepercayaan Diri dan Penerimaan Diri Terhadap Citra Tubuh Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Diniy Hidayatur Rahman S.Pd. M.Pd. (2) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd Kata Kunci kepercayaan diri penerimaan diri citra tubuh Citra tubuh merupakan pandangan seseorang terkait tubuh yang dimilikinya mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Citra tubuh dapat dipengaruhi oleh kepercayaan diri dan penerimaan diri. Kepercayaan diri yaitu sikap atau rasa yakin pada keahlian dan potensi yang dimiliki. Penerimaan diri yaitu sikap seseorang dalam menerima segala kelebihan dan kelemahan dirinya dengan apa adanya. Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui kontribusi kepercayaan diri dengan citra tubuh siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang (2) mengetahui kontribusi penerimaan diri dengan citra tubuh siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang (3) mengetahui kontribusi kepercayaan diri dan penerimaan diri secara simultan terhadap citra tubuh siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Penelitian menggunakan desain korelasional. Populasi sebanyak 297 siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Sampel berjumlah 104 siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang yang didapatkan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri skala penerimaan diri dan skala citra tubuh yang dikembangkan oleh peneliti sebelumnya serta diuji ulang pada penelitian ini. Analisis data uji asumsi klasik berupa uji normalitas uji heteroskedastisitas uji multikolinearitas dan uji linearitas. Hasil regresi linear sederhana kepercayaan diri dan citra tubuh memiliki nilai signifikansi 0 017 le 0 05 dan nilai R Square 0 055 hasil tersebut berarti kepercayaan diri berkontribusi positif signifikan terhadap citra tubuh dengan kontribusi sebesar 5 5%. Hasil regresi linear sederhana penerimaan diri terhadap citra tubuh memiliki nilai Sig. 0 000 le 0 05 dengan nilai R Square 0 136 hasil ini berarti penerimaan diri berkontribusi positif signifikan terhadap citra tubuh dengan kontribusi sebesar 13 6%. Selanjutnya hasil regresi linear berganda kepercayaan diri dan penerimaan diri terhadap citra tubuh memiliki nilai Sig. 0 001 le 0 05 dan nilai R Square 0 137 hasil tersebut membuktikan bahwa kepercayaan diri dan penerimaan diri secara simultan berkontribusi positif signifikan terhadap citra tubuh dengan besaran kontribusi yang diberikan variabel kepercayaan diri dan penerimaan diri secara simultan terhadap citra tubuh sebesar 13 7%. Menurut penelitian yang telah dilakukan diharapkan konselor mampu memfasilitasi siswa untuk mencegah citra tubuh negatif dan menginformasikan siswa tentang pentingnya memiliki kepercayaan diri penerimaan diri dan citra tubuh positif melalui layanan bimbingan klasikal bimbingan kelompok konseling kelompok dan konseling individu. Konselor mampu membuat layanan yang berkaitan dengan bidang pribadi. Media yang dapat dipakai konselor untuk meningkatkan kepercayaan diri penerimaan diri dan citra tubuh siswa yaitu papan bimbingan video animasi atau short movie supaya siswa lebih tertarik dalam memahami materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 02:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272916

Actions (login required)

View Item View Item