Tingkat keterampilan sosial siswa setelah pembelajaran daring di masa pandemi SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang / Andi Nurdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat keterampilan sosial siswa setelah pembelajaran daring di masa pandemi SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang / Andi Nurdiana

Nurdiana, Andi (2022) Tingkat keterampilan sosial siswa setelah pembelajaran daring di masa pandemi SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang / Andi Nurdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurdiana Andi. 2022. Tingkat Keterampilan Sosial Siswa SMA Setelah Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi di SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Elia Flurentin M.Pd. (II) Dr. Diniy Hidayatur Rahman S.Pd M.Pd. Kata Kunci keterampilan sosial pembelajaran online sekolah menengah atas Pandemi covid 19 membuat semua sektor terdampak terutama dalam sektor pendidikan yang mana pembelajaran yang dilakukan tatap muka beralih menjadi pembelajaran daring. Dampak negatif dalam pembelajaran daring adalah tidak ada komunikasi secara verbal atau nonverbal antara guru dan siswa tidak dapat mengukur hasil kompetensi siswa secara akurat tidak ada interaksi sosial kurangnya proses pembentukan karakter di sekolah. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat terlepaskan dari manusia lainnya dan memiliki hasrat untuk berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan sosial siswa SMA setelah pembelajaran daring dimasa pandemi. Keterampilan sosial siwa SMA dijelaskan dengan indikator ekspresi emosi kepekaan emosi kontrol emosi ekspresi sosial kepekaan sosial kontrol sosial dan manipulasi sosial. Dalam rancangan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei sebagai alat pengumpulan data. Penelitian survei digunakan untuk mengumpulkan informasi terkait keterampilan sosial siswa melalui daftar pernyataan sehingga ditemukan kejadian yang valid. Jumlah populasi 396 siswa SMAN 1 Tumpang kelas XI dalam memilih sampel penelitian menggunakan simple random sampling yang artinya masing-masing sampel yang terpilih dapat mewakili populasi. Sampel penelitian 150 orang siswa dan 30 orang siswa diambil untuk menguji Validitas angket. Angket ini mengadopsi dari peneliti sebelumnya yaitu Tania Klara Dewanti yang sudah mendaopatkan izin dari peneliti. Angket dinyatakan valid jika r Hitung ge r Tabel dan begitu pula sebaliknya jika r Hitung le r Tabel dinyatakan tidak valid. Angket dinyatakan valid karena r Tabel melebihi r Hitung dan uji reliabilitas menunjukan angka 0 745 yang berarti sudah melebihi standarnya yaitu 0 7. Hasil penelitian menunjukan tingkat keterampilan sosial dari 150 siswa memiliki persentase sedang 86 7% (134 siswa). Jika ditinjau dari aspek keterampilan sosial terdiri dari Tingkat ekspresi emosi sedang 89 3% (134 siswa). Tingkat kepekaan emosi sedang 77 3% (134siswa). Tingkat kontrol emosi tinggi 77 7% (109 siswa). Tingkat ekspresi sosial sedang 56% (84 siswa). Tingkat kepekaan sosial sedang 69 3% (104 siswa). Tingkat kontrol sosial tinggi 61 3% (92 siswa). Dan tingkat manipulasi sosial sedang 90% (135 siswa). Penelitian ini menghasilkan data terkait tingkat keterampilan sosial siswa yang dilihat dari aspek emosi dan sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukan tingkat keterampilan sosial siwa SMAN 1 Tumpang masuk dalam kategori sedang. Yang dapat diartikan pada individu yang memiliki keterampilan sosial dengan kategori sedang ditunjukkan dengan perilaku individu yang dapat berkomunikasi dengan baik namun kurangnya rasa empati terhadap teman dan belum bisa mengatur dirinya dengan baik. Bagi sekolah dapat mengerti tingkat keterampilan sosial siswa di sekolah dan menentukan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Bagi guru Bimbingan dan Konseling di sekolah penelitian ini dapat dijadikan informasi untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa sehinnga siswa dapat berkembang secara optimal. Untuk peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272914

Actions (login required)

View Item View Item