Pengembangan video animasi sebagai media layanan bimbingan klasikal "bijak dalam menggunakan media sosial" bagi siswa SMP / Tabita Navy Sandya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video animasi sebagai media layanan bimbingan klasikal "bijak dalam menggunakan media sosial" bagi siswa SMP / Tabita Navy Sandya

Sandya, Tabita Navy (2022) Pengembangan video animasi sebagai media layanan bimbingan klasikal "bijak dalam menggunakan media sosial" bagi siswa SMP / Tabita Navy Sandya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa remaja merupakan tahap peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa dimana banyak terjadi perubahan baik fisik maupun psikologis. Pada tahap peralihan tersebut remaja melakukan aktualisasi diri untuk mencapai tugas-tugas perkembangan. Kebijaksanaan merupakan salah satu kemampuan yang berkaitan dengan tugas perkembangan remaja. Aspek perkembangan yang berkaitan dengan kebijaksanaan adalah 1) pengembangan pribadi 2) kematangan intelektual dan 3) kesadaran tanggung jawab sosial. Selain menerapkan sikap bijak dalam kehidupan sehari-hari remaja juga perlu menerapkan sikap bijak ketika sedang menggunakan media sosial. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar remaja memiliki pengetahuan tentang sikap bijak dalam menggunakan media sosial adalah dengan memberikan informasi mengenai topik tersebut di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media video animasi dan buku panduan penggunaan media video animasi dalam layanan bimbingan klasikal dengan topik bijak menggunakan media sosial bagi remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model penelitian dan pengembangan Borg amp Gall. Alur penelitian dan pengembangan memiliki 5 tahap yaitu 1) mengetahui potensi dan masalah 2) mengumpulkan informasi 3) membuat desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain produk. Data kuantitatif dan kualitatif diperoleh dari pengisian instrumen penilaian uji ahli materi uji ahli media dan uji calon pengguna. Data kuantitatif dianalisis menggunakan model inter-rater agreement hasil analisis data kuantitatif disajikan berdasarkan keberterimaan format dan keberterimaan isi. Data kualitatif dideskripsikan berdasarkan masukan dan saran ahli. Hasil analisis keberterimaan format panduan dari ahli materi menunjukkan indeks inter-rater 1 (validitas sangat tinggi) dari ahli media menunjukkan indeks inter-rater 1 (validitas sangat tinggi) dan dari calon pengguna menunjukkan indeks inter-rater 0 69 (validitas tinggi). Hasil analisis keberterimaan isi panduan dari ahli materi menunjukkan indeks inter-rater 1 (validitas sangat tinggi) dari ahli media menunjukkan indeks inter-rater 1 (validitas sangat tinggi) dan dari calon pengguna menunjukkan indeks inter-rater 1 (validitas sangat tinggi). Hasil analisis keberterimaan format video animasi dari ahli materi menunjukkan indeks inter-rater 1 (validitas sangat tinggi) dari ahli media menunjukkan indeks inter-rater 1 (validitas sangat tinggi) dan dari calon pengguna menunjukkan indeks inter-rater 0 84 (validitas sangat tinggi). Hasil analisis keberterimaan isi video animasi dari ahli materi menunjukkan indeks inter-rater 1 (validitas sangat tinggi) dari ahli media menunjukkan indeks inter-rater 1 (validitas sangat tinggi) dan dari calon pengguna menunjukkan indeks inter-rater 1 (validitas sangat tinggi). Berdasarkan analisis hasil penilaian uji ahli materi dan uji ahli media dapat disimpulkan bahwa produk video animasi serta buku panduan penggunaan media dalam layanan bimbingan klasikal bijak menggunakan media sosial bagi siswa SMP layak untuk digunakan konselor di sekolah. Berdasarkan analisis hasil penilaian uji calon pengguna dapat disimpulkan bahwa produk video animasi serta buku panduan penggunaan media dalam layanan bimbingan klasikal bijak menggunakan media sosial bagi siswa SMP layak untuk diimplementasikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2023 03:05
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272912

Actions (login required)

View Item View Item