Pengaruh self acceptance terhadap psychological well being siswa pada pembelajaran era new normal di sma negeri 3 malang / ELGA SOFHIANI IKA RAHAYU - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh self acceptance terhadap psychological well being siswa pada pembelajaran era new normal di sma negeri 3 malang / ELGA SOFHIANI IKA RAHAYU

Rahayu, Elga Sofhiani Ika Rahayu (2022) Pengaruh self acceptance terhadap psychological well being siswa pada pembelajaran era new normal di sma negeri 3 malang / ELGA SOFHIANI IKA RAHAYU. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu esensi kepuasan rasa kegembiraan dan rasa bahagia yaitu adanya sikap yang baik dalam penerimaan diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self acceptance terhadap psychologicall well being siswa di era new normal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Populasinya siswa SMAN 3 Malang dengan sampel 100 responden dari kelas X XI dan XII. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pengukuran data menggunakan skala psychological well being dan self acceptance. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Variabel bebas adalah self acceptance dan variabel terikatnya yaitu psychological well being. Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh bahwa self acceptance mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap psychological well being dengan besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan nilai R2 diperoleh hasil 75 5%. Nilai statistik uji thitung gt dari ttabel (17 362 gt 1 984) dan nilai signifikansi lebih kecil daripada alpha 0 05. Pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Maka variabel self acceptance berpengaruh signifikan terhadap variabel psychological well being. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan bahwa adanya pengaruh self acceptance terhadap psychological well being dapat diterima. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menemukan aspek lain atau membuat perbandingan variabel ini di beberapa sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272909

Actions (login required)

View Item View Item