Hubungan antara efikasi diri akademik dengan optimisme karir siswa kelas XII SMA Negeri 8 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara efikasi diri akademik dengan optimisme karir siswa kelas XII SMA Negeri 8 Malang

Khotib Al-Haidar, Muhni (2022) Hubungan antara efikasi diri akademik dengan optimisme karir siswa kelas XII SMA Negeri 8 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Efikasi diri akademik (Self-Efficacy Academic) ialah sebuah keyakinan individu tentang kemampuan dirinya guna melaksanakan atau menuntaskan tugas akademik. Efikasi diri akademik tersusun atas 3 dimensi ialah Magnitude Generality dan Strength. Faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik yaitu pengalaman keberhasilan pengalaman orang lain persuasi sosial kondisi fisiologis. Optimisme Karir merupakan keyakinan individu dengan segala sesuatu menyenangkan selalu mengulurkan harapan untuk yang terbaik untuk karir kedepannya. Faktor yang mempengaruhi optimisme karir yaitu egosentris seperti kepercayaan diri motivasi diri dan etnosentris seperti keluarga ekononi agama. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat efikasi diri akademik pada siswa. (2) untuk mengetahui tingkat optimisme karir pada siswa. (3) untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan optimisme karir siswa di SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah 308 siswa. Penelitian ini mengambil sampel penelitian sebanyak 90 siswa atas dasar 25% dari 308 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan secara Proportional random sampling dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XII SMA Negeri 8 Malang. Instrumen penelitian ini diukur dengan skala efikasi diri akademik dan skala optimisme karir dengan jumlah 67 item yang valid. Hasi uji reliabelitas pada skala efikasi diri akademik memiliki nilai Cronbach rsquo s alpha 0 875 sedangkan pada skala optimisme karir mendapat nilai Cronbach rsquo s alpha 0 772. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji korelasi product moment person dengan bantuan sotfware SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan tingkat efikasi diri akademik di SMA Negeri 8 Malang memperoleh nilai pada kategori rendah sebesar 20% sedangkan pada kategori sedang sebesar 61% dan kategori tinggi sebesar 19%. Hasil tingkat optimisme karir di SMA Negeri 8 malang memperoleh nilai pada kategori rendah sebesar 16% sedangkan pada kategori sedang sebesar 63% dan pada kategori tinggi sebesar 21%. hasil analisis menggunakan korelasi Product Moment Pearson untuk variabel optimisme karir (Y) dengan efikasi diri akademik (X) mendapatkan nilai rhitung 0 536 gt rtabel 0.207 dengan nilai signifikan adalah 0 000 lt 0 05. Yang artinya terdapat hubungan yang positif signifikan antara variabel X dan Y dengan tingkat korelasi sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 01:08
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272908

Actions (login required)

View Item View Item