Tingkat kejenuhan siswa ketika BDR (Belajar Dari Rumah) pada masa pandemi covid-19 di SDN Ngadirenggo 01 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar / Kontur Sujatmiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat kejenuhan siswa ketika BDR (Belajar Dari Rumah) pada masa pandemi covid-19 di SDN Ngadirenggo 01 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar / Kontur Sujatmiko

Sujatmiko, Kontur (2022) Tingkat kejenuhan siswa ketika BDR (Belajar Dari Rumah) pada masa pandemi covid-19 di SDN Ngadirenggo 01 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar / Kontur Sujatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kasus covid-19 di Indonesia meningkat sangat pesat dengan rasio kematian pasiennya yang sangat besar karena itu sekolah diminta menerapkan kebijakan Belajar dari Rumah (BDR). Tidak adanya kepastian kapan masa pandemi ini berakhir berpeluang memicu kejenuhan bagi para siswa yang melakukan BDR (Belajar Dari Rumah). Kejenuhan yang muncul dapat berakibat siswa merasa tidak butuh lagi atau bahkan enggan untuk melanjutkan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian survei tentang tingkat kejenuhan siswa ketika Belajar Dari Rumah (BDR) pada masa pandemi covid-19. Instrumen penelitian berupa angket. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa di SDN Ngadirenggo 01 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar selanjutnya diambil sampel menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh 28 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara diberi skor menurut skala likert pada instrumen kemudian dihitung dan dikategorikan dalam tiga kategori yaitu kategori rendah sedang dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah jumlah responden pada siswa merasa jenuh tepatnya pada kategori sedang. Dengan penjabaran hasilnya yaitu sebesar 25% siswa memiliki tingkat kejenuhan dengan kategori rendah 64% siswa memiliki tingkat kejenuhan dengan kategori sedang dan 11% siswa memiliki tingkat kejenuhan dengan kategori tinggi. Saran peneliti bagi guru hendaknya (1) melakukan pengawasan tentang gejala-gejala yang mungkin muncul pada siswa selama proses pembelajaran (2) membuat metode pembelajaran bervariasi (3) sering mengajak siswa stretching agar siswa tidak terlalu lama duduk di depan gadget dan (4) sesekali berdialog dengan siswa untuk menciptakan kesepakatan belajar yang menyenangkan selama BDR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272907

Actions (login required)

View Item View Item