Survei motivasi belajar siswa SMA Laboratorium UM Malang / Roni Faadihilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei motivasi belajar siswa SMA Laboratorium UM Malang / Roni Faadihilah

Faadihilah, Roni (2022) Survei motivasi belajar siswa SMA Laboratorium UM Malang / Roni Faadihilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Faadihilah R. 2022 Survei Motivasi Belajar Siswa SMA Laboratorium UM Malang. Skripsi. Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Elia Flurentin M.Pd. (II) Devy Probowati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci survei motivasi belajar Seiring berjalannya waktu di pertengahan tahun 2022 tingkat penderita dan penyebaran Covid-19 menurun sehingga pembelajaran yang awalnya dilakukan secara daring kembali menjadi luring dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan. Hal tersebut membuat guru dan siswa harus siap menghadapi era baru yaitu era new normal. Untuk menghadapi era new normal motivasi belajar sangat dibutuhkan dan berpengaruh terhadap proses pembelajaran di sekolah. Karena aspek utama keberhasilan belajar adalah motivasi. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk menganalisis bagaimana motivasi belajar siswa SMA Laboratorium UM Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa SMA Laboratorium UM Malang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Populasi dalam penelitian sebanyak 297 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 113 responden. Alat ukur yang digunakan ialah skala motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa SMA Laboratorium UM Malang termasuk dalam kategori tinggi berdasarkan skor jawaban responden pada interval 62 51% - 81 25% dengan persentase 87% sebanyak 98 responden. Distribusi frekuensi yang lain berkategori sangat tinggi berjumlah 7 responden dengan persentase 6% berkategori rendah berjumlah 8 responden dengan persentase 7% dan tidak ada responden dengan kategori rendah atau 0%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa SMA Laboratorium UM Malang sebagian besar termasuk pada kategori tinggi yaitu sebesar 87% persen. Hal tersebut menunjukkan bahwa meskipun siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang menghadapi kondisi pembelajaran yang berubah motivasi belajar siswa masih dalam keadaan stabil. Menurut hasil penelitian ini diharapkan para siswa terus meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran luring di era new normal. Peneliti merekomendasikan kepada para pendidik untuk selalu kreatif dan inovatif dalam menciptakan situasi belajar sehingga para siswa termotivasi untuk tetap selalu semangat dalam mengikuti pembelajaran disekolah. Selain kategori tinggi ada 8 siswa motivasi belajarnya dalam kategori rendah. Pengaruh rendahnya motivasi siswa disebabkan oleh kurangnya semangat aktualisasi diri dan rasa malas yang besar. Peneliti merekomendasikan kepada guru BK untuk memberian layanan bimbingan dan konseling yang rutin agar dapat membantu siswa dalam membuat tujuan belajar dan regulasi belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272905

Actions (login required)

View Item View Item