Efeketifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mengembangkan motivasi belajar siswa SMPN 15 Malang / Nurillita Elina Alif - Repositori Universitas Negeri Malang

Efeketifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mengembangkan motivasi belajar siswa SMPN 15 Malang / Nurillita Elina Alif

Alif, Nurillita Elina (2022) Efeketifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mengembangkan motivasi belajar siswa SMPN 15 Malang / Nurillita Elina Alif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belajar merupakan proses yang dialami seseorang untuk mengetahui dan memahami sesuatu yang berlangsung seumur hidup. Selama proses belajar diperlukan hal untuk menunjang keberhasilan belajar salah satunya dengan motivasi. Motivasi merupakan dorongan yang kuat berupa semangat yang berasal dalam diri individu yang menimbulkan tindakan berupa aktivitas belajar dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa efektif layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mengembangkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 15 Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretes-postes satu kelompok. Siswa kelas VIII-E SMP Negeri 15 Malang ikut serta dalam penelitian ini. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 15 Malang. Purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan data dengan menetapkan kriteria tertentu. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa dari kelas VIII-E. Pemberian treatment dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Pengembangan instrumen motivasi belajar berdasarkan teori Keller (ARCS) bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh empat faktor utama yaitu Attention Relevance Confidence dan Satisfaction yang telah tervalidasi dan reliabel. Analisis skor pretest dan posttest menggunakan uji Wilcoxon pada uji statistik menghasilkan nilai Z -2 805 dan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0 005 0 05 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan temuan analisis data layanan bimbingan kelompok dengan teknik pemecahan masalah efektif untuk mengembangkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 15 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272902

Actions (login required)

View Item View Item