Pengaruh self-talk terhadap tingkat motivasi belajar siswa kelas xi di SMA Negeri 9 Malang pada era new normal pandemi covid-19 / Elisa Fitri Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh self-talk terhadap tingkat motivasi belajar siswa kelas xi di SMA Negeri 9 Malang pada era new normal pandemi covid-19 / Elisa Fitri Handayani

Handayani, Elisa Fitri (2022) Pengaruh self-talk terhadap tingkat motivasi belajar siswa kelas xi di SMA Negeri 9 Malang pada era new normal pandemi covid-19 / Elisa Fitri Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Handayani Elisa Fitri. 2022. Pengaruh Self-Talk terhadap Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 9 Malang pada Era New Normal Pandemi Covid-19. Skripsi Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Irene Maya Simon M.Pd (II) Dra. Elia Flurentin M.Pd Kata kunci Self-talk motivasi belajar Adanya berbagai kebijakan pemerintah mengenai era new normal pasca pandemi Covid-19 berimbas pada aktivitas belajar mengajar dari yang awalnya tatap muka berubah menjadi hybrid atau campuran daring dan luring. Berubah-ubahnya kebijakan menimbulkan ketidakefektifan pembelajaran hal ini mempengaruhi siswa dalam proses belajar pembelajaran salah satunya penurunan motivasi belajar siswa. Tingkat motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh banyak faktor dari luar maupun dari dalam dirinya salah satu faktor dari dalam yang mempengaruhi motivasi belajar siswa ialah kemampuan self-talk atau kemampuan wicara diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat self-talk dan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 9 Malang dan mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan self-talk terhadap tingkat motivasi belajar siswa kelas XI pada era new normal. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan pendekatan kausal-komparatif. Populasi penelitian sebesar 384 orang siswa metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu cluster random sampling sedangkan penentuan jumlah sampel yang digunakan sekurang-kurangnya 96 orang siswa dan menghasilkan sampel penelitian sebanyak 98 orang siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil tiga kelas XI di SMA Negeri 9 Malang. Data penelitian diambil dengan menggunakan instrumen berupa dua skala yakni skala self-talk sebanyak 32 item dan skala motivasi belajar sebanyak 30 item. Untuk menguji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas konstruk dan uji realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan (1) analisis deskriptif persentase (2) uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linieritas (3) uji regresi linier sederhana (4) analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat self-talk peserta didik kelas XI berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 66 3% (2) tingkat motivasi belajar peserta didik kelas XI berada pada kategori sedang dengan persentase 64 3% (3) ada pengaruh self-talk terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI dengan persentase sumbangan sebesar 56 9%. Bentuk pengaruh yang dihasilkan yakni berpengaruh positif artinya semakin tinggi tingkat self-talk yang dimiliki siswa semakin baik juga motivasi belajarnya. Saran dari penelitian ini bagi konselor diharapkan konselor dapat memahami pentingnya self-talk terhadap motivasi belajar siswa kemudian agar dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan layanan memadai yang dapat melatih siswa agar memiliki kemampuan self-talk khususnya memberikan arahan serta instruksi kepada dirinya sendiri. Layanan yang diberikan dapat berupa konseling kelompok menggunakan teknik positive self-talk untuk meningkatkan kemampuan wicara dirinya serta meningkatkan motivasi belajarnya selain itu dapat pula diberikan layanan dasar berupa bimbingan klasikal untuk menyampaikan informasi pentingnya melakukan self-talk positif di kehidupan sehari-hari. Bagi peneliti selanjutnya melalui penelitian ini diharapkan dapat menemukan aspek dan subjek lain yang mempengaruhi siswa dalam motivasi belajarnya. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat melakukan penelitian secara lebih dalam dengan populasi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272896

Actions (login required)

View Item View Item