Tingkat kepekaan sosial siswa SMK Farmasi Maharani Malang / Sinky Fajar Listian - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat kepekaan sosial siswa SMK Farmasi Maharani Malang / Sinky Fajar Listian

Listian, Sinky Fajar Listian (2022) Tingkat kepekaan sosial siswa SMK Farmasi Maharani Malang / Sinky Fajar Listian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam lingkup sekolah khususnya SMA/SMK sederajat masih banyak siswa yang kurang peka terhadap lingkungan sosial. Sekarang ini rasa peduli terhadap sesama manusia semakin berkurang. Manusia semakin tidak memikirkan apa yang terjadi terhadap lingkungan hidup bermasyarakatnya. Terjadi juga di lingkungan sekolah yang menunjukkan adanya penurunan sikap kepekaan sosial. Hal ini terlihat dari masih ada siswa yang tidak perduli terhadap segala kejadian yang terjadi. Tidak membantu teman yang sedang kesulitan menertawai teman yang jatuh serta perilaku tidak sopan di lingkungan sekolah. Pada dasarnya manusia mempunyai tugas perkembangan masing-masing sesuai jenjang usianya. Tugas perkembangan merupakan suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu yang apabila tugas itu dapat berhasil di tuntaskan akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan dalam menyelesaikan tugas berikutnya sementara apabila gagal maka akan menyebabkan ketidak bahagiaan pada diri individu yang bersangkutan menimbulkan penolakan masyarakat dan kesulitan-kesulitan dalam menuntaskan tugas-tugas berikutnya. Kepekaan sosial sangat diperlukan seseorang dalam menjalani kehidupan di lingkungannya. Adanya kepekaan sosial akan membuat seseorang dapat bersikap dan bertindak yang tepat terhadap orang lain yang ada disekitarnya. Rancangan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain survey sebagai alat pengumpulan data. Penelitian survei digunakan untuk mengumpulkan informasi terkait kepekaan sosial siswa melalui daftar pernyataan sehingga ditemukan keadan yang valid. Jumlah populasi 133 orang SMK Farmasi Maharani Malang kelas XI dan XII. Dalam memilih sampel penelitian menggunakan total sampling yang artinya semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel penelitian 133 siswa dan 30 siswa diambil untuk menguji validitas angket. Angket ini mengadopsi dari dua peneliti sebelumnya yaitu Heni Putri Puspitasari dan Brilliance Titisari yang sudah mendapatkan izin. Hasil penelitian menunjukan tingkat kepekaan sosial dari 103 siswa memiliki persentase sedang 98 1%. Jika di tinjau dari aspek kepekaan sosial terdiri dari tingkat Perspective taking sedang 98%. tingkat fantacy sedang 91 3%. tingkat Empathic concern sedang 87 4%. tingkat personal distress sedang 92 2%. memiliki tingkat mau memberi bantuan sedang 62 1%. tingkat mau memberi perhatian sedang 88 3%. Dan tingkat mau berbagi sedang 97 1%. Penelitian ini menghasilkan data terkait tingkat kepekaan sosial siswa yang dilihat dari empati dan kepedulian sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kepekaan sosial siwa SMK Farmasi Maharani dalam kategori sedang. Yang dapat diartikan individu yang memiliki kepekaan sosial dengan kategori sedang ditunjukkan dengan perilaku individu yang dapat menerapkan perilaku kepekaan sosial di lingkungan sekolah dengan baik namun ada beberapa siswa yang empati dan kepedulian sosialnya tergolong rendah. Bagi sekolah dapat mengetahui tingkat kepekaan sosial siswa disekolah dan menentukan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kepekaan sosial siswa. Bagi guru Bimbingan dan Konseling disekolah penelitian ini dapat dijadikan informasi untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa sehingga siswa dapat berkembang secara optimal. Untuk peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272894

Actions (login required)

View Item View Item