Kontribusi motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap stres akademik siswa Kelas vii SMP Negeri 4 Malang / Nurul Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap stres akademik siswa Kelas vii SMP Negeri 4 Malang / Nurul Oktaviani

Oktaviani, Nurul (2022) Kontribusi motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap stres akademik siswa Kelas vii SMP Negeri 4 Malang / Nurul Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Stres akademik adalah kondisi yang terjadi pada siswa karena beberapa tuntutan yang dia peroleh baik karena materi yang sulit dipahami tugas yang menumpuk atau sebab lainnya. Stres akademik bisa terjadi dimanapun dan dalam kondisi apapun. Motivasi berprestasi merupakan variabel yang berpengaruh terhadap stres akademik yang dialami siswa. Siswa yang mengalami stres akademik membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitarnya baik dari keluarga lingkungan sekolah atau teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan kontribusi motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap stres akademik siswa SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 172 responden yang diperoleh melalui metode simple random sampling. Untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi skala dukungan sosial dan skala stres akademik. Ketiga skala tersebut telah memenuhi uji validitas butir dengan sig. le 0.05 (0.244) dan uji realibilitas alpha ge 0.6. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara parsial motivasi berprestasi berkontribusi terhadap stres akademik dengan nilai Sig. 0 000 le 0.05 (2) dukungan sosial berkontribusi secara parsial terhadap stres akademik dengan nilai Sig. 0 000 le 0 05. (3) hasil uji simultan diperoleh nilai Sig. 0 000 le 0.05 yang artinya variabel motivasi berprestasi dan dukungan sosial berkontribusi secara simultan terhadap stres akademik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) Bagi konselor perolehan hasil dari penelitian dapat dijadikan dasar konselor dalam memfasilitasi siswa untuk mencegah dan mengurangi munculnya stres akademik pada siswa dengan membuat layanan yang berhubungan dengan bidang belajar dapat diberikan mengenai pentingnya motivasi berprestasi dan dukungan sosial. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan peneliti mampu lebih lanjut melakukan penelitian mengenai variabel selain motivasi berprestasi dan dukungan sosial yang mungkin berkontribusi terhadap stres akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272891

Actions (login required)

View Item View Item