Analisis stress akademik siswa dalam mengikuti pembelajaran hybrid learning di era new normal SMAK ST. Albertus Kota malang / Corry Cresidya Pernata - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis stress akademik siswa dalam mengikuti pembelajaran hybrid learning di era new normal SMAK ST. Albertus Kota malang / Corry Cresidya Pernata

Pernata, Corry Cresidya (2022) Analisis stress akademik siswa dalam mengikuti pembelajaran hybrid learning di era new normal SMAK ST. Albertus Kota malang / Corry Cresidya Pernata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

New Normal merupakan sebuah perubahan kebiasaan yang mana pada saat ini masyarakat memulai kebiasaan baru dengan menerapkan protocol kesehatan. Hal tersebut berpengaruh pada bidang pendidikan yaitu memunculkan suatu kebijakan yang menyebabkan kegiatan pembelajaran disekolah dilaksanakan dengan menggunakan sistem ganjil ndash genap sesuai dengan nomor presendi siswa. Dengan adanya sistem ganjil ndash genap maka kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa adalah dengan menggunakan sistem hybrid learning. Hybrid learning merupakan sebuah sistem pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran online dengan tatap muka. Dengan diterapkannya sistem tersebut mengakibatkan munculnya stress akademik pada siswa. Stress akademik merupakan suatu kondisi stress yang disebabka oleh tekaan untuk menunjukkan prestasi serta kelebihan yang dimiliki dalam kondisi persaingan akademik yang menunggat sehingga membuat inidividu terasa terbebani. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Prosedur pengumpulan data dilaksanakan melalui teknik wawancara dan observasi. Subjek penelitian berjumlah tiga orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Kriteria yang ditentukan yakni siswa SMAK St. Albertus dan menunjukkan perilaku stress akademik. Analisis data dilaksanakan menggunakan teknik analisis data Milen amp Huberman yaitu reduksi data penyajian data dan temuan penelitian. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah tahap pra-lapangan tahap pekerjaan lapangan dan analisis data Hasil penelitian menunjukkan perilaku stress akademik yang muncul adalah siswa bersikap anti sosial dan menarik diri dari lingkungannya sering mengalami perubahan mood dan menangis secara tiba ndash tiba terlebih lagi ketika tugas yang didapatkan semakin banyak serta siswa cenderung mencari kesenangan dan meninggalkan tanggungjawabnya yaitu tugas sekolah. Faktor yang menyebabkan munculnya perilaku tersebut adalah adanya faktor eksternal berupa konflik yang disebabkan oleh kebingungan siswa ketika sedang mengerjakan tugas yang mendekati deadline namun disaat yang bersamaan diminta untuk membantu orangtuanya hal tersebut sering terjadi ketika siswa mengikuti pembelajaran secara online. Faktor eksternal berupa tekanan yang muncul dari lingkungan kelas siswa berupa prestasi dari teman kelas yang membuat siswa merasa tertekan karena merasa prestasi yang dimilikinya kurang. Serta faktor internal berupa keinginan ndash keinginan yang muncul dari dalam diri siswa untuk dapat menjadi lebih unggul dari teman kelasnya. Dampak yang muncul dari perilaku tersebut adalah siswa menjadi tidak dekat dengan orangtua serta teman sekolahnya karena siswa lebih sering menyendiri siswa menjadi tidak fokus ketika sedang belajar di kelas karena memikirkan tugas sekolah yang belum selesai karena telah ditunda pengerjaannya sebelumnya serta siswa kurang memiliki waktu untuk intirahat karena harus begadang menyelesaikan tugas yang telah menumpuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272890

Actions (login required)

View Item View Item