Kamuflase daun palem pada pembuatan busana dengan tema exploitation / Alin Tri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Kamuflase daun palem pada pembuatan busana dengan tema exploitation / Alin Tri Wahyuni

Wahyuni, Alin Tri (2021) Kamuflase daun palem pada pembuatan busana dengan tema exploitation / Alin Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembuatan busana dengan ide yang terinspirasi dari bentuk lipit daun palem karena memiliki tekstur kasar dan berbentuk lipit yang membuat daun palem ini berbeda dengan daun tumbuhan lainnya dengan adanya bentuk lipit tersebut dapat terlihat jelas garis lurus yang tercipta dari efek lipit. Ide ini disajikan dengan tema Exploitation yang menampilkan desain busana berlebih-lebihan heboh seru dan bertekstur. Exploitation sendiri merupakan gambaran dari dampak kehidupan yang riuh dimana manusia memiliki keinginan untuk selalu menikmati kesenangan hidup pola hidup konsumtif dan serba berlebihan (ITF 2021/2022 2021).Desain busana bertema Exploitation disajikan menggunakan bahan utama berbentuk lipit yang merupakan penerapan teknik kamuflase dari daun palem. Kamuflase merupakan penyamaran bentuk agar tidak mudah dikenali (Fatwa dkk. 2020) pengaplikasian teknik kamuflase daun palem yang diterapkan pada inner lengan outer dan hiasan pada bagian belakang outer dalam busana ready to wear yang ditampilkan secara virtual grandshow.Kesimpulan pada pembuatan busana rancangan penulis adalah bahan utama berbentuk lipit menyerupai daun palem yang diaplikasikan dalam busana cutting bahan menggunakan pola oversize pemilihan warna hijau dan coklat diambil dari warna earth tone sehingga lebih menampilkan unsur alamnya. Rancangan yang ditampilkan dengan tema Exploitation ini memiliki desain yang berlebih-lebihan dengan proses pembuatan busana ini terdiri dari pembuatan desain sketsa persiapan alat dan bahan pengukuran badan pembuatan pola dasar pecah pola rancangan bahan dan harga spreading cutting sewing fitting finishing dan hasil jadi busana. Bahan utama yang berbetuk lipit dan tebal sebaiknya menggunakan alat yang sesuai dengan karakter bahan utama dengan demikian memerlukan ketelatenan dan ketelitian dalam proses pembuatan busana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272879

Actions (login required)

View Item View Item