Cutting busana essentiality yang berkonsep dari moodboard "klavirista" / Yayang Meka Islami - Repositori Universitas Negeri Malang

Cutting busana essentiality yang berkonsep dari moodboard "klavirista" / Yayang Meka Islami

Islami, Yayang Meka (2022) Cutting busana essentiality yang berkonsep dari moodboard "klavirista" / Yayang Meka Islami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mode merupakan ekspresi estetik yang populer pada masa tempat serta dalam konteks tertentu sedangkan trend merupakan ekspresi estetik yang aneh tetapi tetap dengan keberlangsungan yang pendek. Fashion adalah sesuatu yang dipakai dari ujung kaki sampai ujung rambut yang berlangsung sesuai musim. Trend fashion akan selalu berubah sama halnya dengan trend fashion 2021 yang mengacu pada kejadian yang telah terjadi atau issue. Issue dunia tersebut dapat mempengaruhi gaya berbusana ataupun kreatifitas perancang. Pembuatan busana ini tidak terlepas dari sub tema pada trend fashion 2021 antara lain essentiality exploration exploitation dan spirituality. Essentiality diangkat dari issue kepedulian lingkungan keseimbangan pola hidup fokus pada fungsi essensi tidak berlebihan tenang tidak membosankan unik tetapi tidak berlebihan. Style pada tema ini light clean fresh amp simple authentic/naive retro casuality wacky urban soft minimalis wavy boxy. Pembuatan busana essentiality ini terinspirasi dari piano. Piano memiliki kesan elegant dan clean yang merupakan poin yang dapat diambil pada tema ini. Piano merupakan barang essensi yang tidak dapat diubah bentuknya dengan ciri tuts yang berjajar rapi serta lengkung penutupnya. Cutting pada sub tema ini adalah loose simple dan memiliki garis essensi. Cutting pada tema ini memiliki keunikan yaitu jahitan mengikuti hasil cutting busana. Penulis membuat cutting pada busana ini adalah cutting asimetris serta menyesuaikan bentuk inspirasi. Berdasarkan proses pembuatan busana dengan judul ldquo Klav iacute r iacute sta rdquo dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa yang harus dikoreksi kedepannya guna menjadi bahan evaluasi. Beberapa hal yang perlu dievaluasi adalah dalam pembuatan pola wajib adanya pemberian kode pola yang jelas serta perlu memperhatikan arah serat kain hal tersebut dilakukan untuk menghindari hasil cutting terbalik. Pressing bahan harus sesuai temperaturnya agar hasil busana terlihat sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 04:29
Last Modified: 05 Apr 2023 07:09
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272871

Actions (login required)

View Item View Item