Pembuatan busana ready to wear bertema esensiality dengan variasi jeans bekas hasil pewarnaan ulang / Habibah Alkhoiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembuatan busana ready to wear bertema esensiality dengan variasi jeans bekas hasil pewarnaan ulang / Habibah Alkhoiroh

Alkhoiroh, Habibah (2022) Pembuatan busana ready to wear bertema esensiality dengan variasi jeans bekas hasil pewarnaan ulang / Habibah Alkhoiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Busana ready to wear ini memanfaatkan jeans bekas guna memberikan alternatif produksi untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan akibat industri tekstil. Perancangan ini berdasarkan konsep desain berkelanjutan (sustainable fashion) untuk mewujudkan busana ready to wear yang ramah lingkungan. Pemilih teknik pewarnaan ulang agar warna sesuai dengan warna dari kayu asli. Pewarnaan ulang pada jeans bekas memudahkan penulis dalam menentukan warna dan memadukannya dengan warna yang senada. Warna yang dipakai adalah gradasi warna coklat muda sampai coklat tua. Desain busana bertema Essentiality ini memiliki style serta look yang feminim boys. Bahan utama yang digunakan yaitu kain Noboox yang memiliki serabut seperti beludru serta sifatnya yang kaku kain gorden yang memiliki motif timbul serta kainnya yang berat dan variasi jeans bekas yang sudah diwarna ulang sesuai dengan desain yang ditampilkan secara virtual grand show. Kesimpulan pada pembuatan busana memiliki sumber ide dari sebuah furniture meja kayu yang diaplikasikan dengan jeans bekas yang diwarna ulang dengan menggunakan warna coklat yang divariasikan kedalam busana ready to wear. Rancangan yang ditampilkan memiliki desain yang simpel dengan jahitan yang rapi atau clean serta memiliki bentuk yang sederhana proses pembuatan busana ini terdiri dari pembuatan sketsa pengukuran badan pembuatan pola dasar pecah pola rancangan bahan dan harga peletakan pola cutting finishing serta hasil jadi busana. Pada proses pewarnaan ulang perlu dilakukan dengan kesabaran serta ketelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272869

Actions (login required)

View Item View Item