Pembuatan busana ready to wear florist dengan menggunakan teknik overlapping / Niken Ayu Hardiyanti S.P - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembuatan busana ready to wear florist dengan menggunakan teknik overlapping / Niken Ayu Hardiyanti S.P

S.p, Niken Ayu Hardiyanti S.p (2022) Pembuatan busana ready to wear florist dengan menggunakan teknik overlapping / Niken Ayu Hardiyanti S.P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilihan jenis busana Ready To Wear Florist dibuat dengan menggunakan teknik overlapping merupakan proyek akhir yang mengusung konsep sustainable fashion yang berfokus pada kelestarian alam bertujuan untuk menciptakan busana ready to wear dengan penerapan konsep overlapping dengan sumber ide petani bunga dengan judul florist. Florist adalah sebutan untuk seseorang yang bekerja di sektor pertanian dalam Bahasa Inggris florist memiliki arti petani bunga. Busana florist merupakan busana ready to wear yang dibuat dengan ukuran standar dan menggunakan teknik overlapping yaitu menumpuk satu busana dengan busana lainnya. Proses pembuatan busana florist melalui tahapan berikut (1) proses pembuatan desain busana dengan tahapan awal pembuatan main mapping Moodboard storyboard desain sketsa dan desain produksi (2) proses pembuatan pola busana diawali dengan penentuan ukuran persiapan alat dan bahan pembuatan pola harus melalui dua tahapan yaitu (a) pembuatan pola dasar badan (b) pembuatan pecah pola dan pola dasar. (3) proses pembuatan busana terdiri dari peletakan pola pada bahan pemotongan bahan penjahitan dan pemasangan hiasan busana. Busana florist menggunakan bahan katun untuk bahan utama busana dan dilengkapi dengan bahan pelengkap seperti zipper kancing smoke ring. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan dalam pembuatan busana pemilihan bahan berpengaruh pada kenyamanannya saat dikenakan oleh karena itu pergunakan bahan kain yang memiliki serat kain yang halus dan ringan pembuatan busana berkonsep overlapping dengan cutting oversize sebaiknya menggunakan bahan yang ringan agar tetap nyaman meskipun dengan pengaplikasian yang berlapis perhatikan kebersihan area menjahit dan alat menjahit serta gunakan kain tipis sebagai lapisan saat proses pressing untuk menghindari noda pada bahan kain penyimpanan busana sebaiknya digantung pada hanger dan dibungkus cover jas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272868

Actions (login required)

View Item View Item