Penggunaan kain digital printing pada busana ready to wear bermotif hudoq / Jihan Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan kain digital printing pada busana ready to wear bermotif hudoq / Jihan Afifah

Afifah, Jihan (2022) Penggunaan kain digital printing pada busana ready to wear bermotif hudoq / Jihan Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia sudah mulai berada di masa revolusi industri 4.0 yaitu dimana mulainya penerapan konsep mekanisasi dengan segala hal yang dikerjakan oleh mesin yang hanya membutuhkan sedikit bantuan manusia pada saat pengoperasiannya atau bahkan tanpa membutuhkan bantuan manusia lagi. Teknik digital printing pada kain yang diterapkan dalam membuat motif hudoq lebih efektif karena dapat mengembangkan motif hudoq dengan mudah tanpa mengubah keaslian motif hudoq itu sendiri serta penggunaan warna yang lebih bervariasi dan hasil yang lebih rapi dan simetris. Selain itu menjadikan busana ready to wear ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri dalam proses pembuatannya. Penggunaan kain drill berwarna kuning cerah dan biru tua merupakan warna andalan dalam tema Oszhen. Busana ready to wear yang dipilih penulis berupa two pieces dengan model atasan crop dan celana kulot. Busana ini menerapkan teknik digital printing tekstil pada bagian depan sebelah kiri belakang sebelah kanan dan pada kombinasi lengan menggunakan kain printing jenis duchess. Pada pembuatan busana ready to wear ini tujuan yang ingin dicapai yaitu (1) Memanfaatkan teknik digital printing yang merupakan salah satu bentuk revolusi industri 4.0 (2) Menerapkan ide kreatif dengan cara mengembangkan motif hudoq menjadi lebih unik dan mengaplikasikan pada busana ready to wear. Kesimpulan pembuatan busana ready to wear ini yaitu menjadikan teknik digital printing pada kain menjadi salah satu penerapan pada busana yang memiliki keunikan tersendiri dan bisa merealisasikan ide para desainer dalam menciptakan busana. Bisa merealisasikan motif hudoq dengan teknik digital printing pada kain agar bisa diterapkan pada busana ready to wear. Busana ready to wear ini bisa dicuci menggunakan tangan disetrika dengan suhu sedang dan disimpan dalam keadaan bersih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272842

Actions (login required)

View Item View Item