Penerapan konsep bunga peony pada busana ready to wear bergaya posh nerd / Shella Harfi Malkisua - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan konsep bunga peony pada busana ready to wear bergaya posh nerd / Shella Harfi Malkisua

Malkisua, Shella Harfi (2022) Penerapan konsep bunga peony pada busana ready to wear bergaya posh nerd / Shella Harfi Malkisua. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Malkisua Shella Harfi. 2022. Penerapan Konsep Bunga Peony Pada Busana Ready To Wear Bergaya Posh Nerd. Tugas Akhir Departemen Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nur Endah Purwaningsih M.Pd. (II) Dra. Hapsari Kusumawardani M.Pd. Kata Kunci Bunga Peony Busana Ready To Wear Posh Nerd Bunga peony adalah bunga yang dipuji karena keindahannya memiliki kelopak yang banyak dan beragam warna yang menarik. Di China dan Jepang bunga peony merupakan perlambang keberuntungan dan kemewahan bunga ini juga dimanfaatkan dalam bidang kesehatan mulai dari anti penuaan pereda rasa nyeri antiseptik dan masih banyak segudang manfaat lainya. Di Indonesia bunga ini kurang dikenal karena bukan tergolong bunga yang mudah ditanam di negara tropis oleh sebab itu penulis memilih konsep bunga peony untuk memperkenalkan juga untuk menambah wawasan pembaca tentang bunga peony. Busana ready to wear adalah busana siap pakai yang bisa langsung digunakan tanpa melalui proses pengukuran terlebih dahulu karena busana jenis ini sudah memiliki ukuran standar yang ditentukan dalam pembuatannya. Busana ready to wear yang dipilih penulis berupa three pieces terdiri dari inner outer dan celana. Busana ini menerapkan konsep bunga peony dalam pembuatanya tergambar dari pembuatan creative fabric bunga peony memiliki kelopak sudut yang lancip dan tegas. Untuk menggambarkan gaya posh nerd (kutu buku) yang memiliki ciri khas dandanan formal tertutup dan culun diwujudkan melalui headpiece berupa kacamata merah yang lebar kaos kaki jaring selutut sarung tangan jaring juga pada outer terdapat variasi kerah sabrina dan pada inner terdapat kerah turtle neck. Langkah pembuatan busana juga sangat penting meski memiliki konsep yang bagus namun tidak memperhatikan langkah pembuatan busana yang dihasilkan juga tidak akan sesuai. Berikut adalah langkah pembuatan busana (1) Mapping (2) Konsep (3) Sketsa Busana (4) Desain Produksi (5) Persiapan Alat (6) Pengambilan ukuran (7) Pembuatan Pola (8) Rancangan Bahan dan Harga (9) Cutting (10) Sewing (11) Finishing (12) Pemeliharaan Busana Terdapat kesulitan pada saat proses penjahitan karena sifat kain scuba. Kain scuba sangat cocok digunakan untuk pembuatan busana ready to wear karena kainnya tidak mudah kusut dan mengikuti bentuk jika dipakai sifatnya yang stretch dan tebal juga banyak diminati. Tetapi karena sifatnya yang stretch dan juga tebal membuat proses menjahit sedikit sulit dan membuat jahitan tidak rata/tidak rapi sehingga harus mengulangi proses penjahitan. Hal ini menyebabkan proses produksi menjadi lambat. Sebaiknya pemilihan bahan dilakukan dengan lebih selektif dan memperhatikan sifat kain yang ingin digunakan jika memungkinkan lakukan pengujian terlebih dahulu. Penggunaan kain yang stretch dan tebal lebih baik menggunakan mesin jahit high speed serta menggunakan jarum jahit nomor 14 agar tidak terjadi jahitan tidak rata/tidak rapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272840

Actions (login required)

View Item View Item