Dangke bakar sebagai salah satu alternatif isian dalam hidangan cream soup edamame / Hannivia Anugra Fitra - Repositori Universitas Negeri Malang

Dangke bakar sebagai salah satu alternatif isian dalam hidangan cream soup edamame / Hannivia Anugra Fitra

Fitra, Hannivia Anugra (2021) Dangke bakar sebagai salah satu alternatif isian dalam hidangan cream soup edamame / Hannivia Anugra Fitra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dangke merupakan makanan tradisional yang berasal dari pengolahan susu kerbau. Dangke bakar mempunyai rasa yang gurih yang bisa digunakan untuk menggantikan crotoun dan sajian cream soup. Pemilihan hidangan edamame of cream soup karena soup ini mempunyai kandungan serat yang tinggi kandungan pati rendah warna hijau menarik dengan tekstur halus namun masih bisa dituang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui resep pembuatan dangke bakar resep pembuatan cream soup edamame harga jual hidangan edamame of cream soup with toasty dangke mempublikasikan proses pembuatan dangke bakar dan mengetahui respon audien terhadap hidangan edamame of cream soup with toasty dangke dalam bentuk video yang diunggah ke dalam youtube dan mengetahui respon audien terhadap cream soup edamame dengan dangke bakar. Metode penelitian dilakukan dengan cara melakukan percobaan pembuatan dangke bakar dari susu sapi dan pembuatan edamame of cream soup. Pembuatan dangke susu sapi mengacu dari resep Said dan Sumiyati (2008). Pembuatan edamame of cream soup mengacu dari resep sup jagung manis oleh Prihastuti Ekawatiningsih dkk (2018). Percobaan pembuatan edamame of cream soup dilakukan 2 kali yaitu dengan formula 1 dan formula 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan dangke susu sapi sesuai resep Said dan Sumiyati (2008) telah menghasilkan dangke yang bagus dan ketika dibakar memberikan hasil dangke bakar rasa yang gurih mirip dengan keju dan tidak pahit dari segi warna sebelum dibakar memiliki putih bersih lalu setelah dibakar memiliki warna kecoklatan memilki aroma dan tekstur yang khas. Resep pembuatan edamame of cream soup didapatkan dari formula percobaan 2 yaitu edamame 250 gr tepung terigu 45 gr mentega 50 gr susu cair 100 ml chiken stock 400 ml garam frac12 sdt lada frac12 sdt bayleaf 1 lembar thyme 2 gr parsley 10 gr. Resep edamame of cream soup formula 2 ini rasa edamame pada sup sudah terasa warna hijau muda dengan tekstur halus dan kental. Harga satu resep edamame of cream soup with toasty dangke diperoleh harga Rp. 61.808 dan per porsi nya diperoleh harga Rp. 30.900 per soup plate dengan takaran 300 ml. Vidio proses pembuatan edamame of cream soup with toasty dangke dipublikasikan pada tanggal 21 September 2020 dan dilihat pada youtube https //yputu.be/qfMoQmEVEGw. Respon audien mendapatkan subscriber 51 like 70 komentar positif 20 dan viewers 335x.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272813

Actions (login required)

View Item View Item