Pemanfaatan sari buah delima (punica granatum) untuk pembuatan velva sebagai topping waffle / Arinda Nurlaili Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan sari buah delima (punica granatum) untuk pembuatan velva sebagai topping waffle / Arinda Nurlaili Rahmawati

Rahmawati, Arinda Nurlaili (2021) Pemanfaatan sari buah delima (punica granatum) untuk pembuatan velva sebagai topping waffle / Arinda Nurlaili Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmawati Arinda Nurlaili. 2021. Pemanfaatan Sari Buah Delima (Punica Granatum) Untuk Pembuatan Velva Sebagai Topping Waffle. Tugas Akhir Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Dra. Mazarina Devi M.Si. Kata Kunci delima velva buah cmc waffle dessert. Buah delima (Punica granatum L.) adalah buah yang berasal dari daerah Asia Tengah dan daerah Himalaya di India Selatan. Buah delima memiliki sifat antioksidan dan mengandung vitamin C yang tinggi serta kaya akan kandungan serat. Delima merah mempunyai rasa yang lebih manis dan segar sedangkan delima putih rasanya lebih sepat dan kesat serta kurang manis. Velva buah adalah produk makanan pencuci mulut yang terbuat dari puree buah buahan maupun sayuran dan memiliki kadar lemak yang rendah karena tidak menggunakan lemak susu dalam proses pengolahannya. Dalam pembuatan velva buah menggunakan cmc sebagai bahan penstabil. Fungsi CMC yaitu untuk mengentalkan adonan stabilisator pembentuk gel mengendalikan air yang tidak membeku dan untuk menjaga kestabilan adonan. Waffle adalah kue yang terbuat dari adonan tepung terigu dan bahan lainnya kemudian dipanggang dalam cetakkan khusus waffle hingga tekstur bagian luarnya renyah. Cetakkan waffle terdapat pola yang dapat memberikan bentuk motif ukuran dan permukaan yang khas. Tujuan uji coba ini adalah (1) menginovasikan buah delima menjadi produk baru yaitu velva sari buah delima. (2) Meningkatkan pemanfaatan buah delima sebagai produk makanan sebagai alternative pengganti es krim. (3) Mengetahui biaya produksi dan harga jual waffle topping sari buah delima. (4) Mempublikasikan proses pembuatan produk velva buah delima. (5) Mengetahui respon audien tentang video velva sari buah delima yang diunggah dalam social media Youtube. Dalam rangkaian uji coba pembuatan velva sari buah delima ini memerlukan 3 kali uji coba hingga dapat merumuskan formula resep yang sesuai kriteria yakni pada resep formula III. Uji coba resep III dilakukan dengan menambahkan jumlah cmc menjadi 0 55% ukuran gula yang tetap sama 125gr (31 25%) dan asam sitrat sebesar 0 25% dengan media kontrol yakni sari buah delima sebanyak 400ml (100%). Resep formula III ini menghasilkan produk velva sari buah delima yang mempunyai tekstur padat dan lembut serta citarasa perpaduan antara asam dan manis tanpa mengurangi rasa asli pada buah delima. Dengan demikian resep formula III dapat dikatakan sebagai formula resep yang sesuai untuk produk velva sari buah delima ini. Satu resep velva sari buah delima menghasilkan 4 cup dengan berat 115gr. Setiap satu resep velva sari buah delima diperoleh harga Rp 58.908 dan per porsinya diperoleh harga Rp 14.727 setiap satu resep waffle diperoleh harga Rp13.746 dan perporsinya diperoleh harga Rp 6.873. Harga perporsi waffle topping velva sari buah delima adalah Rp11.782.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272799

Actions (login required)

View Item View Item