Inovasi blondies kering dengan serbuk daun pepaya (carica papaya) / Dyah Ayu Yudika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Inovasi blondies kering dengan serbuk daun pepaya (carica papaya) / Dyah Ayu Yudika Sari

Sari, Dyah Ayu Yudika (2022) Inovasi blondies kering dengan serbuk daun pepaya (carica papaya) / Dyah Ayu Yudika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Dyah Ayu Yudika. 2022. Inovasi Blondies Kering Dengan Serbuk Daun Pepaya. Tugas Akhir Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing Ir. Budi Wibowotomo M.Si. Ph.D. Kata Kunci daun pepaya blondies kering Pepaya (Carica papaya) adalah tumbuhan yang mudah ditemui di wilayah tropis salah satunya yaitu di Indonesia. Daun dari tumbuhan pepaya dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan maupun bahan pangan namun karena rasanya yang pahit sehingga masih banyak yang tidak menyukai daun pepaya. Serbuk daun pepaya merupakan alternatif baru yang bertujuan untuk memanfaatkan daun pepaya menjadi produk olahan yang lebih praktis. Serbuk daun pepaya digunakan sebagai tambahan dalam membuat blondies kering. Tujuan uji coba ini adalah (1) memperoleh formula yang tepat dalam pembuatan blondies kering serbuk daun pepaya (2) mengetahui harga jual serbuk daun pepaya dan produk blondies kering serbuk daun pepaya (3) mempublikasikan proses pembuatan blondies kering serbuk daun pepaya dengan mengunggah di youtube dalam bentuk video (4) mengetahui respon audience terhadap video. Dalam rangkaian uji coba pembuatan blondies kering serbuk daun pepaya ini memerlukan 3 kali uji coba sehingga dapat merumuskan formula resep yang sesuai kriteria yakni pada uji coba formula III dengan formulasi terigu sebanyak 16 gram dan serbuk daun pepaya 49 gram. Resep formula III ini menghasilkan blondies kering berwarna hijau tua pada bagian tengah dan kecolatan pada bagian atas dan bawah memiliki rasa seperti matcha dan tidak terlalu manis aromanya seperti matcha tekstur yang dihasilkan renyah padat dan sedikit berongga. Satu resep blondies kering menghasilkan 2 kemasan dengan berat 100 gram per kemasan dengan harga jual Rp24.500 - per kemasan. Satu resep serbuk daun pepaya akan menghasilkan 1 pcs kemasan dengan berat 55 gram dan untuk harga jual Rp8.700 - per pcs. Proses pembuatan blondies kering serbuk daun pepaya ini telah diunggah pada media sosial YouTube dengan kata kunci sehat mudah dan enak Brownies kering serbuk daun pepaya. Video yang telah diunggah mendapat respon berupa like 401 dilihat sebanyak 538 kali dan 45 komentar per tanggal 12 Januari 2022.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:29
Last Modified: 12 Jan 2023 01:52
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272792

Actions (login required)

View Item View Item