Pemanfaatan lobak sebagai bahan penambah tekstur crunchy dalam pembuatan gelamai / Dewi Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan lobak sebagai bahan penambah tekstur crunchy dalam pembuatan gelamai / Dewi Yunita

Yunita, Dewi (2022) Pemanfaatan lobak sebagai bahan penambah tekstur crunchy dalam pembuatan gelamai / Dewi Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yunita Dewi. 2021. Pemanfaatan Lobak sebagai Bahan Penambah Tekstur Crunchy dalam Pembuatan Gelamai. Tugas Akhir Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Teti Setiawati M.Pd. Kata Kunci gelamai lobak pengeringan blanching Gelamai merupakan jajanan asal Sumatera Barat yang memiliki tekstur kenyal dan sedikit lengket selain itu ciri khas dari gelamai adalah berwarna cokelat dan biasanya diberi bahan tambahan agar tekstur gelamai terasa crunchy saat dikonsumsi. Memiliki bahan tambahan untuk menambah tekstur gelamai. Bahan penambah tekstur gelamai yang biasa digunakan adalah kacang tanah sangrai yang dipotong-potong. Lobak (Raphanus Sativus) merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki umbi berwarna putih selain itu lobak merupakan sayuran yang banyak mengandung air dan memiliki batang pendek hampir tidak terlihat dan akar tunggangnya akan berubah menjadi lobak bulat Panjang (Gozali HT 2005). Lobak memiliki kandungan air yang tinggi mencapai 94 1g fosfor 26 mg kalsium 35 mg dan vitamin C 32 mg (Departemen Kesehatan Republik Indonesia 2018). Lobak umumnya dikonsumsi dalam keadaan segar dan belum banyak olahan dari lobak yang berkembang di Indonesia hal ini dikarenakan rasa dari lobak yang kurang disukai masyarakat serta aromanya yang menyengat. Oleh karena itu pemanfaatan lobak pada pembuatan gelamai dilakukan dengan cara blanching dan dikeringkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh formulasi yang tepat produk gelamai lobak (2) mengetahui harga jual dari gelamai lobak (3) mempublikasikan proses pembuatan gelamai lobak dalam bentuk video yang diunggah ke youtube (4) mengetahui respon audiens terhadap video youtube olahan gelamai. Uji coba resep gelamai lobak dilakukan sebanyak tiga kali hingga resep yang sesuai didapatkan. Berdasarkan hasil uji coba formula yang dianggap tepat adalah formula ketiga dengan tepung beras ketan 220 gram gula merah 175 gram santan kental 425 ml santan cair 400 ml garam 3 gram lobak kering 75 gram. Harga jual gelamai lobak Rp5.500/ 150 gram. Video pembuatan gelamai lobak dengan judul ldquo Lobak Kering sebagai Bahan Penambah Tekstur Crunchy pada Gelamai Lobak rdquo telah dipublikasikan di platform youtube dengan alamat https //www.youtube.com/watch v hvxLY275cWI pada tanggal 15 Juli 2021 per tanggal 28 Maret 2022 telah ditonton sebanyak 1.305 kali dan disukai oleh 1.088 orang serta mendapat 62 komentar positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272791

Actions (login required)

View Item View Item