Pembuatan empal gepuk jantung pisang sebagai menu pelengkap nasi krawu / Khasnah Zahida Khansa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembuatan empal gepuk jantung pisang sebagai menu pelengkap nasi krawu / Khasnah Zahida Khansa

Khansa, Khasnah Zahida (2022) Pembuatan empal gepuk jantung pisang sebagai menu pelengkap nasi krawu / Khasnah Zahida Khansa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jantung pisang merupakan cikal bakal buah pisang atau dapat disebut sebagai bunga pada tanaman pisang. Semua tanaman pisang dapat menghasilkan jantung pisang namun tidak semua jantung pisang dapat dikonsumsi. jantung pisang dari pisang kepok dan pisang klutuk merupakan beberapa jenis jantung pisang yang dapat dikonsumsi. Jantung pisang dapat diolah menjadi masakan salah satunya empal gepuk. Empal gepuk merupakan makanan khas Jawa Barat dengan bahan dasar daging sapi yang digepuk hingga teksturnya empuk (Hendrawan I. amp Nurani D. 2021). Tujuan penulisan ini adalah (1) mendapatkan formulasi empal gepuk jantung pisang yang tepat (2) mengetahui harga jual hidangan empal gepuk jantung pisang (3) mempublikasikan proses pembuatan produk empal gepuk jantung pisang dalam bentuk video ke dalam Youtube (4) mengetahui respon audiens terhadap video empal gepuk jantung pisang. Pembuatan empal gepuk jantung pisang melalui tiga kali uji coba formulasi dan formulasi yang sesuai adalah uji coba ketiga dengan menggunakan jantung pisang sebanyak 450g penambahan kaldu sapi 300ml dan santan 60ml. Empal gepuk jantung pisang menghasilkan rasa dan aroma seperti empal daging berwarna kecoklatan serta memiliki tekstur berserat. Satu resep empal gepuk jantung pisang menghasilkan 9 pcs dengan berat 13 gram/pcs dan dijual dengan harga Rp5.000/pcs. Proses pembuatan empal gepuk jantung pisang telah didokumentasikan berupa video dan diunggah ke dalam Youtube dengan linkhttps //youtu.be/JpNtPfha1Rw pada tanggal 19 April 2022. Video mendapat respon positif dari audiens salah satunya mengungkapkan ketertarikannya untuk mencoba resep tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272786

Actions (login required)

View Item View Item