Pengembangan produk dendeng tempe daun singkong (manihot utiilissima) / Muhammad Drian Utama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan produk dendeng tempe daun singkong (manihot utiilissima) / Muhammad Drian Utama Putra

Putra, Muhammad Drian Utama (2022) Pengembangan produk dendeng tempe daun singkong (manihot utiilissima) / Muhammad Drian Utama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang diproduksi menggunakan kedelai yang dimatangkan menggunakan ragi tempe yang mengandung mikroorganisme atau berupa Rhizopus oligosporus R. oryzae R. arrhizus. Pembuatan tempe dengan pematangan meningkatkan zat sehatnya daripada kedelai yang ditangani (Listiowati 2014). Namun saat ini kedelai disubtitusi menjadi daun singkong. Selama pembuatan tempe pemanfaatan daun singkong diharapkan dapat mengurangi kebutuhan kedelai agar peminat kedelai tidak terlalu tinggi. Pemanfaatan daun singkong dalam dunia pangan juga masih sedikit dan belum berkembang secara umum (Zenab 2015). Tujuan penelitian ini diharapkan berguna untuk menghasilkan formula yang pas pada pembuatan dendeng tempe daun singkong serta sebagai sarana penerapan ilmu selama ini yang diperoleh selama perkuliahan berlangsung. Mempublikasikan proses pembuatan produk dalam bentuk video lalu diunggah di Youtube dan mengetahui respon audience terhadap produk dendeng tempe daun singkong. Uji coba resep dilakukan sebanyak tiga kali untuk pembuatan tempe daun singkong dan 1 kali uji coba resep untuk pembuatan dendeng tempe daun singkong untuk mendapatkan formulaaasi yang tepat sesuai prosedur. Formulasi yang digunakan adalah formulasi yang ke tiga dengan menggunakan daun singkong 400 gr ragi tempe 5 gr dan 1 lembar daun pisang lalu untuk pembuatan dendeng tempe daun singkong menggunakan resep standar sudah menghasilkan produk sesuai yang diharapkan. Tektur sudah cukup kasar dan kering warna yang dihasilkan cukup menarik rasa yang dihasilkan sesuai dan aroma khas daun singkong. Satu resep dendeng tempe daun singkong menghasilkan 400 gr dengan harga jual sebesar Rp. 26.200 untuk 2 porsi dendeng tempe daun singkong dan untuk harga per porsinya adalah Rp. 13.200/porsi Video proses pembuatan dendeng tempe daun singkong dipublikasikan pada tanggal 24 maret 2022 dan dilihat di media sosial youtube dengan judul ldquo INOVASI BARU DENDENG TEMPE DAUN SINGKONG rdquo mendapatkan respon audiens sebanyak 165 viewers 66 like 39 comment dan 45 subscriber.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272781

Actions (login required)

View Item View Item