Like Citra Nurbaya (2007) Perancangan restoran informal sebagai media embelajaran pada Education Hotel SMKN 9 Bandung / Like Citra Nurbaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurikulum SMK rumpun pariwista tahun 2004 mewajibkan SMK memiliki 2 buah restoran sebagai media pembelajaran. Sejalan dengan pembangunan Education Hotel SMKN 9 Bandung perancangan usaha boga Fajar Kencana Restaurant disusun. Perancangan terdiri dari penyusunan analisis sistem pemasaran standarisasi pelayanan perencanaan sumber daya manusia dan analisis keuangan. Tujuan perancangan ini mengenai tersusunnya sistem pemasaran standarisasi pelayanan perencanaan sumber daya manusia dan standarisasi keuangan.yang dapat diaplikasikan pada Fajar Kencana Restaurant di Education Hotel SMKN 9 Bandung. Hasil penyusunan perancangan Fajar Kencana Restaurant meliputi (1) sistem pemasaran (2) standarisasi pelayanan (3) perencanaan sumber daya manusia dan (4) standarisasi keuangan. Pelayanan tidak langsung Fajar Kencana Restaurant terdiri dari fasiltas produksi menu yang ditawarkan dan peralatan yang dimiliki. Pelayanan (restaurant service) yang diterapkan adalah American Service untuk semua hidangan yang disajikan kecuali hidangan pastry dan bakery yang menggunakan Buffet Service. Fajar Kencana Restaurant menerapkan job enlargement yang bertujuan untuk meminimalisir jumlah SDM sehingga anggaran gaji karyawan (labor cost) dapat ditekan. Melibatkan 2 orang guru tata boga sebagai restaurant manager dan accounting 4 orang alumni sebagai kitchen supervisor service supervisor dan cook 8 orang siswa dan 2 orang penjaga sekolah. Keterlibatan siswa hanya sebagai trainee pada saat on the job semester II dan III. Penetapan struktur gaji berdasarkan pada UMR Kota Bandung sebesar Rp 860 565.00 dan hasil evaluasi pekerjaan menggunakan point system. Fajar Kencana Restaurant memerlukan dana operasional restoran sebesar Rp 117 423 594.67. Sumber modal diasumsikan berasal dari Pemerintah Kota Bandung Depdiknas Kota Bandung SMKN 9 Bandung dan pinjaman Bank. Hasil dari perhitungan BEP (Q) untuk menutupi biaya opearsional dalam 1 hari Fajar Kencana Restaurant harus menjual 49 produk dan BEP (Rp) untuk mencapai target pendapatan sebesar Rp 850 000.00. Guna mencapai keuntungan Rp 150 000.00 dalam 1 hari berdasarkan kapasitas yang dimiliki target penjualan harus mencapai 63 produk/ hari. Penentuan segmentasi dilakukan berdasarkan perilaku konsumen oleh karena itu pembeli dapat dibedakan menurut kejadian saat menyusun kebutuhan. Diasumsikan hasil penjualan dalam 1 tahun adalah Rp 415.331.550.00 dengan keuntungan bersih Rp 94 377 745.29. Berdasarkan hasil perancangan diatas dapat disimpulkan (1) penentuan segementasi pasar berdasarkan perilaku konsumen (2) pelayanan dibagi menjadi 2 bagian yaitu proses produksi dan pelayanan restoran Fajar Kencana Restaurant menerapkan American service dan Buffet Service (3) Fajar Kencana Restaurant menerapkan job enlargement pada struktur organisasinya bertujuan untuk meminimalisir jumlah karyawan sehingga biaya gaji karyawan dapat ditekan dan (4) sumber modal untuk mendukung operasional restoran diasumsikan berasal dari Pemerintah Kota Bandung Depdiknas Kota Bandung SMKN 9 Bandung pinjaman Bank dan jurusan Tata Boga SMKN 9 Bandung. Diharapkan perancangan ini dapat diaplikasikan dengan baik oleh pihak SMKN 9 Bandung. Guna mengoptimalkan operasional restoran diharapkan siswa lebih memperdalam pengetahuan dan keterampilannya. Terutama di bidang yang berkaitan dengan pengelolaan usaha boga di bidang restoran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Mar 2007 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2007 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/272740 |
Actions (login required)
View Item |