Sifat organoleptik sirup kencur (Kaempferia galanga L.) dengan lama blanching yang berbeda / Maharani Caesar - Repositori Universitas Negeri Malang

Sifat organoleptik sirup kencur (Kaempferia galanga L.) dengan lama blanching yang berbeda / Maharani Caesar

Maharani Caesar (2007) Sifat organoleptik sirup kencur (Kaempferia galanga L.) dengan lama blanching yang berbeda / Maharani Caesar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kencur merupakan tanaman rempah-rempah yang banyak dimanfaatkan sebagai minuman/jamu dan sebagai bumbu dapur. Kencur juga dapat dimanfaatkan sebagai sirup yaitu larutan pekat yang dibuat dari sari buah dan dimaksudkan untuk minuman yang masih perlu diencerkan lagi. Untuk menguragi bau sangir dan rasa getir pada kencur diberi perlakuan blanching yang bertujuan untuk menginaktifkan enzim yang dapat menyebabkan bau sangir dan rasa getir pada kencur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap sirup kencur dengan waktu blanching yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat organoleptik sirup kencur yang meliputi aroma warna dan flavour melalui uji mutu hedonik dan uji hedonik oleh panelis. Analisa data menggunakan analisis sidik ragam dan Duncan s Multiple Range Test (DMRT). Hasil uji mutu hedonik sirup kencur dengan waktu blanching 5 menit 6 menit 7 menit dan 8 menit menunjukkan perbedaan terhadap aroma warna dan flavour. Sirup kencur dengan waktu blanching 5 menit mempunyai aroma yang cukup tajam warna krem tidak kusam flavour agak sangir sirup kencur dengan waktu blanching 6 menit mempunyai aroma yang cukup tajam warna krem kurang kusam flavour agak sangir sedangkan sirup kencur dengan waktu blanching 7 menit mempunyai aroma yang cukup tajam warna krem kurang kusam flavour tidak sangir dan sirup kencur dengan waktu blanching 8 menit mempunyai aroma yang agak tajam warna krem agak kusam flavour tidak sangir. Kesimpulan penelitian ini adalah lama waktu blanching pada pembuatan sirup kencur berpengaruh terhadap aroma warna dan flavour.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > D3 Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272737

Actions (login required)

View Item View Item