Sistem cerdas pengairan terjadwal pada greenhouse menggunakan arduino uno / Muhammad Iqbal Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem cerdas pengairan terjadwal pada greenhouse menggunakan arduino uno / Muhammad Iqbal Ramadhan

Ramadhan, Muhammad Iqbal (2021) Sistem cerdas pengairan terjadwal pada greenhouse menggunakan arduino uno / Muhammad Iqbal Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini sistem mikrokontroller pada alat rumah tangga banyak dikembangkan sebagai sistem kerja otomatis begitu juga pada bidang pertanian dan perkebunan. Salah satu contoh bentuk sistem otomatisasi dalam pertanian dan perkebunan adalah Green House System. Acuan yang digunakkan dalam sistem tersebut adalah parameter nilai dari sensor.Sedangkan dalam perawatannya setiap tanaman memiliki perlakuan berbeda dalam pembudidayaannya. Maka dari itu dibuatlah Sistem Cerdas pengairan terjadwal pada Greenhouse yang berfokus pada sistem pengairan serta pengolahan tanah agar tercipta media yang sehat untuk tanaman. Penggunaan RTC dengan tipe DS3231 yang memiliki sistem Realtime-clock dan mikrokontroller berupa Arduino UNO sebagai kontroller utama dalam pengaturan penjadwalan penyiraman air serta pengontrolan kondisi tanah. Parameter yang digunakkan adalah kelembapan debit air dan juga PH tanah dengan menggunakan sistem otomatisasi. Untuk parameter kelembapan menggunakan sensor Soil Moisture dimana system kerjanya melakukan penyiraman air secara terjadwal 2 kali sehari dalam set waktu yaitu 8.00-8.02 dan 16.00-16.02 serta monitoring debit air menggunakan sensor flow meter dalam setiap penyiraman. jika sensor kelembapan mendeteksi tingkat kelembapan dengan nilai di bawah 55% maka penyiraman akan aktif sedang jika diatas 55% maka penyiraman mati. Selanjutnya untuk parameter nutrisi tanah menggunakan sensor PH tanah dimana system kerjanya memberikan nutrisi pada tanah dalam kurun waktu 2 minggu sekali agar kondisi tanah layak digunakan sebagai media tanam.Sehingga semua sistem akan bekerja sesuai perintahnya yaitu jika tingkat keasaman tanah yaitu saat pH bernilai dibawah 5 5 maka akan diberikan pH-up guna untuk meningkatkan keasaman tanah hingga di titik nilai di atas 5 5 jika nilai terpenuhi maka penyiraman akan mati penyiraman dilakukan dalam kurun waktu 2 menit semua sistem ini akan termonitor dalam LCD. Serta dapat dioperasikan dari jarak jauh atau biasa disebut IOT (Internet of Things). Sehingga dapat dilihat dari sistem ini bahwa tanaman selada sendiri membutuhkan pH atau tingkat keasaman tanah berkisar 5 5 - 6 5 dan dengan kelembapan 55% - 65%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272638

Actions (login required)

View Item View Item