Rancangan pengisian penampungan air terkendali menggunakan mikrokontroler arduino uno / Didik Ilham Araya Hutama - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancangan pengisian penampungan air terkendali menggunakan mikrokontroler arduino uno / Didik Ilham Araya Hutama

Hutama, Didik Ilham Araya (2022) Rancangan pengisian penampungan air terkendali menggunakan mikrokontroler arduino uno / Didik Ilham Araya Hutama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rancangana ini dapat digunakan diberbagai bidang seperti rumah industri dan lingkungan sekitar serta tempat yang digunakan sebagai penampung air bisa berupa drum tanki air waduk dll. Pada bidang perindustrian dapat digunakan sebagai sistem kontrol motor pompa pada pengisian tanki air agar tidak terjadi meluapnya air yang menyebabkan kerugian dikarenakan kurang pengawasan ketika pengisian berlangsung. Ketika digunakan di rumah tangga untuk mengisi tandon air agar tidak meluapnya air bersih yang mengakibatkan pemborosan penggunaan sumber daya alam yang tidak diinginkan maka sistem kontrol akan menjadi pengawas elektronik ketika melakukan pengisian pada tandon air yang sesuai dengan set point ketinggian yang diinginkan pengguna. Mikrokontroler yang digunakan adalah arduino uno R3 yang berfungsi sebagai otak sistem pada alat menerima perintah dari pengguna berupa menentukan batasan ketinggian set point dan mengkontrol aktifnya kerja sistem dengan hasil monitoring dari sensor ultrasonic yang mengawasi set point ketinggian pada tempat penampungan air. Penilitian dilakukan dalam sehari dengan waktu yang dibutuhkan dari jam 08.00-12.00 yang dilakukan pengukuran menggunakan penggaris untuk mengetahui ketinggian air pada tempat penampungan air stopwatch mengukur kecepatan/waktu yang dibutuhkan pompa untuk mengisi tempat penampungan air dan gelas ukur untuk mengetahui volume yang dihasilkan pada set point tertentu. Penilitian ini untuk mengetahui debit air yang dihasilkan pompa ketika aktif 1 pompa 2 pompa dan 3 pompa mendapatkan data volume yang dihasilkan ketika mengisi dengan set point tertentu. Untuk sensor ultrasonic mengetahui keakuratan hasil baca dengan set point ketinggian yang telah ditentukan. Hasil baca dari sensor ultrasonic nanti akan disalurkan sinyal ke mikrokontroler arduino uno r3 untuk memberikan logika ke relay mengaktifkan pompa mengisi tempat penampungan air.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272625

Actions (login required)

View Item View Item