Rancang bangun sistem kontrol motor induksi 1 fasa forward-reverse dan kontrol kecepatan berbasis IoT / Achmad Faizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem kontrol motor induksi 1 fasa forward-reverse dan kontrol kecepatan berbasis IoT / Achmad Faizal

Faizal, Achmad (2021) Rancang bangun sistem kontrol motor induksi 1 fasa forward-reverse dan kontrol kecepatan berbasis IoT / Achmad Faizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motor induksi 1 fasa merupakan jenis motor yang paling sering digunakan masyrakat. Selain perawatannya yang relatif rendah motor induksi 1 fasa ini banyak dipilih karena memiliki beberapa kontruksi peralatan yang sederhana dan harganya yang terjangkau. Karena konstruksi yang sederhana ini motor induksi 1 fasa dapat dikontrol arah putaranya dengan cara melakukan setting pada input catu daya pada motor induksi 1 fasa sehingga dapat berputar sesuai perintah. Secara konvensional kecepatan motor induksi 1 fasa dapat diatur dengan cara mengatur tegangan masukannya. Dengan semakin berkembangnya elektronika daya pengaturan tegangan masukan suatu motor induksi 1 fasa dapat menggunakan peralatan elektronika daya. Penelitian ini membahas tentang sistem kontrol motor induksi 1 fasa forward-Reverse dan kontrol Kecepatan berbasis IoT dengan menggunakan aplikasi android Blynk. Pengujian alat ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu pengujian komponen pengujian fungsi dan Pengujian kinerja dengan delay. Hasil penelitian ini menunjukkan sistem kontrol dapat bekerja dengan baik dan mampu digunakan sesuai fungsinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272622

Actions (login required)

View Item View Item