Rancang bangun sistem mandiri energi berbasis panel surya untuk catu daya alat penetas telur / Radityo Satriyo Purnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem mandiri energi berbasis panel surya untuk catu daya alat penetas telur / Radityo Satriyo Purnomo

Purnomo, Radityo Satriyo (2022) Rancang bangun sistem mandiri energi berbasis panel surya untuk catu daya alat penetas telur / Radityo Satriyo Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang dan memungkinkan manusia untuk bekerja dengan mudah cepat dan akurat. Tidak hanya di daerah sekitar terutama di industri peternakan. Masih banyak peternak unggas yang menetaskan telur langsung dari induknya. Dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih maju seperti memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi alternatif untuk catu daya alat penetas telur Pembangkit listrik tenaga surya memberi suplay listrik pada alat penetas telur untuk menyalakan termostat digital dan lampu pijar. Alat penetas telur adalah alat yang digunakan untuk membantu proses penetasan telur dengan cara menaikkan suhu telur sebagai pengganti inkubasi alami oleh indukan. Pengaturan suhu penetas telur yang ideal untuk penetasan diatur pada suhu stabil 37 deg C hingga 38 deg C. Komponen yang digunakan pada pembangkit listrik tenaga surya untuk catu daya alat penetas telur seperti solar cell atau panel surya 50 Wp baterai VRLA 33 Ah inverter 500 watt solar charge controller (SCC) 10 A termostat digital hx-3001 higrometer dan lampu pijar 5 watt. Hasil yang didapatkan adalah semua bagian yang terdapat pada sistem PLTS dapat berfungsi dengan baik. Pengujian ini dilakukan dengan mengukur energi panel surya ke baterai. Pengujian pengukuran dilakukan selama 4 hari berturut-turut melakukan pengukuran arus dan tegangan dilakukan pada pukul 06.00 samapi pukul 17.00. Hasil dari pengukuran Arus dan tegangan yang dihasilkan panel surya pada cuaca cerah akan lebih tinggi tetapi pada cuaca mendung tegangan dan arus akan lebih rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272617

Actions (login required)

View Item View Item