Smart garden monstera adansonii berbasis iot menggunakan nodemcu esp8266 dan aplikasi blynk / Zein Farhan Makarim - Repositori Universitas Negeri Malang

Smart garden monstera adansonii berbasis iot menggunakan nodemcu esp8266 dan aplikasi blynk / Zein Farhan Makarim

Makarim, Zein Farhan (2022) Smart garden monstera adansonii berbasis iot menggunakan nodemcu esp8266 dan aplikasi blynk / Zein Farhan Makarim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam hal merawat tanaman menyiram tanaman tentu merupakan hal yang sangat penting. Tanaman Monstera adansonii sendiri perlu disiram 2 kali sehari pagi dan sore dengan volume air yang secukupnya. Tanaman ini hidup di tempat yang teduh tidak terkena langsung cahaya matahari dan dapat bertahan pada suhu 21-29 deg C dan kelembaban diatas 60%. Smart Garden berbasis Internet of Things yang dirancang untuk tingkat penggunaan personal akan dipergunakan untuk membantu mengobservasi sekaligus merawat tanaman Monstera adansonii. Sistem Smart Garden digunakan untuk monitoring dan controlling monitoring digunakan untuk memantau nilai yang diberikan oleh sensor yang digunakan pada sistem tersebut sedangkan controlling digunakan untuk mengontrol alat yang terpasang pada sistem. Controlling perlu dilakukan agar nilai parameter setiap sensor yang terpasang pada sistem Smart Garden tetap pada nilai atau status yang diinginkan. Sistem Smart Garden ini menggunakan soil moisture sensor untuk mendeteksi kelembaban tanah sensor DHT11 sebagai sensor suhu dan kelembaban udara mini pump DC untuk mengontrol penyiraman dan juga NodeMCU ESP8266 sebagai mikrokontroller. Nilai-nilai dari sensor tersebut akan ditampilkan pada aplikasi Blynk secara live dan di saat yang bersamaan juga dapat menyiram tanaman tersebut dengan fitur pada aplikasi Blynk. Alat ini akan sangat membantu memudahkan penggunanya dalam hal merawat tanaman Monstera adansonii dengan hanya bermodalkan smartphone dan jaringan internet. Dengan Arduino IDE sebagai software pemrograman Smart Garden Monstera adansonii ini sudah dapat dibuat dan digunakan dengan adanya jaringan internet serta aplikasi Blynk yang berperan sebagai platform untuk menjalankan sistem ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272616

Actions (login required)

View Item View Item