Rancang bangun pembangkit listrik tenaga surya sebagai penerangan di pos pendakian / Moch. Aldi Yuliansyah Effendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun pembangkit listrik tenaga surya sebagai penerangan di pos pendakian / Moch. Aldi Yuliansyah Effendi

Effendi, Moch. Aldi Yuliansyah (2022) Rancang bangun pembangkit listrik tenaga surya sebagai penerangan di pos pendakian / Moch. Aldi Yuliansyah Effendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kawasan pendakian gunung merupakan tempat wisata yang diminati oleh beberapa orang. Rute pendakian gunung memiliki beberapa pos pendakian sebagai tempat istirahat para pendaki. Beberapa gunung yang telah digunakan sebagai sarana pendakian memiliki fasilitas umum seperti mushola dan toilet di pos pendakian. Tetapi daerah pegunungan jarang sekali dilalui jaringan tegangan listrik dikarenakan kondisi geografis yang curam terjal dan banyak pepohonan. Pemanfaatan lampu dan barang elektronik lainnya masih menggunakan generator set yang menggunakan energi fosil sebagai bahan bakar untuk menghasilkan listrik. Potensi energi surya tersebut masih belum dimanfaatkan secara optimal terutama pada tempat pendakian gunung yang tidak memiliki jaringan listrik. Penggunaan pembangkit listrik tenaga surya dapat digunakan sebagai energi alternatif untuk menyalurkan listrik di daerah pengunungan. Sistem panel surya pada pos pendakian menggunakan sistem off-grid karena sistem tersebut hanya mengandalkan panel surya dan baterai sebagai suplai dayanya. Komponen utama yang dibutuhkan pada sistem off-grid adalah modul fotovoltaik baterai solar charge controller dan inverter. Proses penelitian dilakukan dengan pengambilan data pada saat pengisian daya baterai dan pada saat pengujian pembebanan. Modul fotovoltaik yang digunakan sebesar 100 Wp dengan kapasitas baterai sebesar 33 Ah. Hasil pengujian yang telah dilakukan modul fotovoltaik dan baterai dapat memenuhi kebutuhan beban lampu dengan sensor PIR yang dapat otomatis menyala atau mati ketika terdapat gerakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272615

Actions (login required)

View Item View Item