Rancang bangun penerangan jalan umum tenaga surya sistem off grid untuk penerangan Desa Campur / Rendi Arsy Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun penerangan jalan umum tenaga surya sistem off grid untuk penerangan Desa Campur / Rendi Arsy Putra

Putra, Rendi Arsy (2022) Rancang bangun penerangan jalan umum tenaga surya sistem off grid untuk penerangan Desa Campur / Rendi Arsy Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putra Rendi Arsy. 2022. Rancang Bangun Penerang Jalan Umum Tenaga Surya Sistem Off Grid Untuk Penerangan Desa Campur. Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci PJUTS Off Grid Fotovoltaik Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik salah satunya sebagai penerangan. Matahari merupakan energi terbarukan yang sangat penting dimana panel surya akan menerima sinar matahari dan mengubah energi sinar matahari tersebut menjadi energi listrik melalui proses Fotovoltaik. Saat ini penerangan di desa campur yang berada di Kabupaten Nganjuk tepatnya di Kecamatan Gondang saat malam hari penerangannya masih minim atau gelap. Kurangnya penerangan di jalan dapat memicu kecelakaan lalu lintas dan tindakan kriminal. Oleh karena itu pada tugas akhir ini bertujuan untuk merancang dan membuat Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) dengan Sistem Off Grid berbasis LED. Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) ini dirancang untuk sarana penunjang penerangan jalan pada desa campur terutama ketika malam hari dan dapat menjadi solusi yang tepat dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Semoga dalam perancangan dan pembuatan alat ini dapat bermanfaat dan juga bisa dirasakan oleh masyarakat serta dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan yang ada di desa campur. Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) ini terdiri dari panel surya monocristal 100 Wp baterai VRLA 33 Ah SMT-power inverter 500W Taffware Power Inverter lampu LED 20 Watt Ecolink SCC 10A PWM MCB 2A Shukaku dan photocell. Estimasi biaya investasi PJUTS ini membutuhkan total biaya sebesar Rp3.465.700. Prinsip kerja pada Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) yaitu panel surya akan menyerap energi sinar matahari kemudian energi yang dihasilkan akan disimpan di baterai melalui Solar Charge Controller yang berfungsi sebagai pengatur arus sehingga daya yang dihasilkan pada panel surya sesuai dengan rating baterai. Pada saat baterai terisi penuh maka daya yang disimpan pada baterai dapat digunakan untuk menyalakan lampu penerangan jalan umum saat malam hari. Pengujian alat PJUTS ini sudah bisa bertahan dalam waktu yang ditentukan yaitu 12 jam. Dari hasil pengujian penerangan lampu menggunakan photocell sudah berfungsi dengan baik dan sesuai waktu penggunaannya serta sudah dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272613

Actions (login required)

View Item View Item