Rancang bangun panel surya off-grid untuk catu daya alat pengusir hama tikus / Erfandy - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun panel surya off-grid untuk catu daya alat pengusir hama tikus / Erfandy

Erfandy (2022) Rancang bangun panel surya off-grid untuk catu daya alat pengusir hama tikus / Erfandy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alat pengusir hama tikus yang berbasiskan gelombang ultrasonik merupakan solusi untuk mengatasi hama tikus pada pertanian. Alat ini memerlukan energi listrik yang tidak continue dengan daya sebesar 7 Watt selama 2 4 jam/alat jumlah alat yang digunakan sebanyak 10 alat untuk lahan 319 66 m2. Suplai daya beban yang digunakan dalam tugas akhir ini berasal dari PLTS off-grid. Penggunaan PLTS dalam suplai daya ini sejalan dengan program pemerintah Perpres no 22 tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) menargetkan pada tahun 2025 pemanfaatan EBT sebanyak 23% dari energi fosil. Tujuan dari tugas akhir ini yaitu merancang dan membangun PLTS off-grid untuk catu daya alat pengusir hama tikus. Metode yang digunakan dalam perancangan ini yaitu berupa observasi desain dan eksperimen. Pada metode observasi menggunakan pengambilan data dari software PVwatts dan pengambilan data secara langsung hasil yang didapatkan berupa rata-rata iradiasi harian sebesar 1044 57 (data langsung) dan 497 09 (software dengan rata-rata selama 7 hari) Metode yang kedua yaitu berupa desain dengan hasil ukuran frame panel surya dengan tinggi keseluruhan tiang 4 meter panel box dengan ukuran Panjang 40 cm Lebar 20 cm dan tinggi 50 cm. Metode ketiga yaitu eksperimen dimana dalam langkah ini dilakukan sebuah pengujian pada alat yang sudah dirancang. Secara perhitungan penggunaan panel surya sebesar 37 1 Wp atau 50Wp yang ada dipasaran sudah efisien akan tetapi dikarenakan adanya pengembangan pada penggunaan PLTS yang dipasang maka panel surya digunakan sebesar 100 Wp. Penguji cobaan pada panel surya yang dilakukan selama 7 hari menghasilkan rata-rata daya setiap harinya sebesar 39 Watt dan dapat mengisi baterai sebesar 20 Ah dari kondisi kosong sampai penuh selama kurang lebih 5 jam tergantung pada kondisi cuaca. Penguji cobaan baterai menggunakan dua beban berupa beban AC dan DC dengan daya yang sama sebesar 7 Watt. Penggunaan beban AC bertahan sampai 13 jam dan penggunaan beban DC mampu mem-backup selama 24 jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272611

Actions (login required)

View Item View Item