Prototipe alat pendeteksi dan pemutus gangguan over voltage pada gardu distribusi / Muhammad Nafis Hibatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Prototipe alat pendeteksi dan pemutus gangguan over voltage pada gardu distribusi / Muhammad Nafis Hibatullah

Hibatullah, Muhammad Nafis (2022) Prototipe alat pendeteksi dan pemutus gangguan over voltage pada gardu distribusi / Muhammad Nafis Hibatullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem proteksi menjadi hal yang begitu penting untuk selalu di perhatikan dan dikembangkan di dalam sistem tenaga listrik karena sistem proteksi merupakan pengaman utama dalam menjaga kontinuitas pelayanan distribusi daya dan juga untuk melindungi komponen dan peralatan dari gangguan ataupun kejadian abnormal lainya. Dengan berkembangnya teknologi saat ini berbagai peralatan menjadi semakin kompleks dan modern untuk membantu kehidupan manusia tetapi semakin kompleks peralatan tersebut semakin sensitif terhadap tegangan yang melewatinya. Oleh karena itu diperlukan kualitas jaringan PLN yang baik agar tidak merusak peralatan pelanggan. Sistem kerja dari alat ini adalah sensor tegangan PZEM-004T yang dikomunikasikan dengan mikrokontroler Arduino Uno akan secara realtime membaca tegangan yang masuk kemudian jika terdeteksi tegangan melebihi batas dari toleransi yang ditentukan maka mikrokontroler melalui relay yang terhubung ke kontaktor akan secara otomatis memutus tegangan lebih tersebut lalu indikator pilot lamp pada Box Panel akan menyala dan modul SIM 800L bakal mengirimkan notifikasi lewat sms kepada petugas bahwa terdapat gangguan pada gardu distribusi tersebut. Alhasil kerusakan peralatan pelanggan dapat diminimalisir dan penyebab gangguan yang ada akan segera ditanggapi oleh Petugas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272610

Actions (login required)

View Item View Item