Rancang bangun plts on-grid sebagai support daya listrik skala rumah tangga / Ilman Kamil - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun plts on-grid sebagai support daya listrik skala rumah tangga / Ilman Kamil

Kamil, Ilman (2022) Rancang bangun plts on-grid sebagai support daya listrik skala rumah tangga / Ilman Kamil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Energi matahari yang tersedia melimpah ramah lingkungan serta tidak memiliki emisi CO2 sangat cocok untuk dikonversi menjadi energi listrik. Alat konversi energi matahari menjadi energi listrik adalah PV. Saat ini pemasangan PLTS pada rumah tangga menjadi salah satu program pemerintah seperti yang tertera pada peraturan Menteri ESDM No.49 tahun 2018 yang berisi izin pemasangan PLTS produksi listrik mandiri dan ekspor listrik ke PLN. Oleh karena itu dibuat Tugas Akhir dengan judul ldquo Rancang Bangun PLTS On-Grid Sebagai Support Daya Listrik Skala Rumah Tangga rdquo . Pada Tugas Akhir ini telah dirancang PLTS On-Grid 200 W untuk rumah tangga dengan daya listrik 900 VA. Hal ini telah disesuaikan dengan aturan PLN dimana batas pemasangan PLTS paling besar adalah 100 persen dari daya yang tersambung. Pemasangan PLTS On-Grid ini diharapkan mampu menghemat biaya listrik hingga 20 persen dari tagihan normal setiap bulannya. Metode yang digunakan pada perancangan PLTS On-Grid ini menggunakan desain dan eksperimen. Desain pada perancangan menggunakan software online yaitu onshape sedangkan eksperimen dilakukan 7 hari dimana pengambilan data selama 6 jam setiap harinya pada cuaca panas mendung dan gerimis data yang diambil disesuaikan dengan beberapa parameter seperti iradiasi matahari intensitas cahaya suhu tegangan arus dan daya. Hasil pengukuran didapatkan bahwa besar tegangan dan arus yang dihasilkan sistem PLTS menurun seiring menurunnya intensitas cahaya. Daya maksimal yang mampu dihasilkan PLTS pada cuaca panas adalah sebesar 156 W ketika cuaca mendung daya maksimal sebesar 73.73 W sedangkan daya maksimal yang dihasilkan PLTS pada cuaca gerimis sebesar 24.71 W. Dari hasil pengujian juga didapatkan efisiensi PLTS On-Grid sebesar 16 5% dimana sistem ini dapat membantu memenuhi daya beban rumah tangga yang digunakan selama kurang lebih 6 jam pada siang hari. Selain itu nilai Root Mean Square Error pengukuran PV Output sebesar 13.13 dan Inverter Output sebesar 14.4. Sedangkan nilai BEP (Break Even Point) atau titik impas pembangunan sistem PLTS On-Grid dengan performa rasio sebesar 93% akan didapatkan selama kurang lebih 9.1 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272608

Actions (login required)

View Item View Item