Rancang bangun stasiun charger handphone dan penerangan bertenaga surya di halte bus Kota Malang / Ulfa Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun stasiun charger handphone dan penerangan bertenaga surya di halte bus Kota Malang / Ulfa Handayani

Handayani, Ulfa (2022) Rancang bangun stasiun charger handphone dan penerangan bertenaga surya di halte bus Kota Malang / Ulfa Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Energi terbarukan yakni energi bersumber dari alam dengan jumlah melimpah dan mengalami proses berkelanjutan. Pemanfaatan energi terbarukan merupakan salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan energi fosil yang semakin berkurang. Salah satu energi terbarukan yang kian populer yakni energi surya. Energi surya digunakan selaku sumber energi listrik melalui proses photoelectric menggunakan panel surya. Energi listrik menjadi keperluan utama bersama kelangsungsan manusia seperti stasiun charger dan sistem penerangan. Banyak halte bus di Kota Malang belum mempunyai sistem penerangan dan sumber listrik untuk charger HP. Penelitian ini menjelaskan mengenai rancang bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya sebagai sumber daya mandiri stasiun charger serta sistem penerangan halte bus. Energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya akan disimpan terlebih dahulu pada baterai dan digunakan selama dua puluh empat jam penuh. Sistem ini akan bekerja ketika panel surya mendapat sinar matahari kemudian panel akan mengubah sinar matahari membentuk energi listrik. Sebelum disimpan pada baterai energi listrik akan mengalir ke Solar Charge Controller yang berfungsi agar menyesuaikan arus yang akan masuk ke baterai bersama tidak overcharge. Dari baterai arus akan dialirkan ke beban berupa port USB lampu DC dan kamera pengaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272605

Actions (login required)

View Item View Item