Rancang bangun listrik tenaga surya untuk sumber daya sistem pengeringan batako / Yulia Pramita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun listrik tenaga surya untuk sumber daya sistem pengeringan batako / Yulia Pramita Sari

Sari, Yulia Pramita (2022) Rancang bangun listrik tenaga surya untuk sumber daya sistem pengeringan batako / Yulia Pramita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak ndash Potensi energi surya yang dimiliki Indonesia adalah 207.898 MW. Energi surya bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya listrik di semua bidang termasuk bidang pembangunan. Tingginya tingkat pertumbuhan pembangunan di Indonesia berdampak kepada tingkat kebutuhan material bahan bangunan salah satunya yaitu batako. Proses pembuatan batako secara manual cenderung sulit dalam pemenuhan permintaan jumlah batako yang banyak dalam satu waktu. Agar proses pengeringan batako lebih efisien saat hujan maka dibutuhkan suatu sistem pengeringan dengan menggunakan peralatan elektronik berupa lampu pijar sebagai sumber panas dan kipas angin untuk sumber angin. Sumber daya listrik sistem pengeringan batako dapat menggunakan listrik tenaga surya karena menimbang kelebihan sumber energi listrik tenaga surya yang bisa didapatkan dimana saja sumber energi tidak akan habis dan tidak mencemari lingkungan. Perancangan listrik tenaga surya sebagai sumber daya sistem pengeringan batako membutuhkan komponen penting berupa panel surya 120 Wp Solar Charge Controller 20 A baterai 45 Ah dan inverter 500 Watt. Cuaca dan iradiasi harian matahari terhadap waktu penyinaran matahari berpengaruh pada besaran daya yang dihasilkan panel surya. Baterai dengan kapasitas full dengan spesifikasi 12 V/ 45 Ah mampu mengakomodasi sistem pengeringan batako tanpa tersuplai panel surya selama 6 jam dengan pengurangan persentase batako sebesar 17% per jam. Rata-rata berat antara batako tanpa menggunakan sistem pengering dan batako yang menggunakan sistem pengering adalah 0 18 kg dan 1 06 kg sehingga dapat dinyatakan bahwa sistem pengeringan batako dapat mengeringkan batako pada tahap bisa dipindahkan. 5. Pemilihan lampu pijar dan kipas angin pada sistem pengeringan batako bisa diganti dengan heater blower dengan kelebihan bisa mengeluarkan angin panas namun daya dan harga komponen tersebut tinggi dibanding dengan lampu pijar dan kipas angin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272604

Actions (login required)

View Item View Item