Rancang bangun pengisian daya aki sepeda motor dengan sistem energi tenaga surya / Ahmad Choliq Muslimin - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun pengisian daya aki sepeda motor dengan sistem energi tenaga surya / Ahmad Choliq Muslimin

Muslimin, Ahmad Choliq (2022) Rancang bangun pengisian daya aki sepeda motor dengan sistem energi tenaga surya / Ahmad Choliq Muslimin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muslimin Ahmad Choliq. 2022. Rancang Bangun Pengisian Daya Aki Sepeda Motor Dengan Sistem Energi Tenaga Surya. Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Quota Alief Sias S.T. M.T Sepeda motor merupakan alat transportasi darat yang banyak digunakanm masyarakat luas untuk keberlangsugan mobilitas sehari-hari. Dalam sepeda motor sendiri membutuhkan suplay daya kelistrikan untuk menyalakannya. Selain itu suplay daya kelistrikan digunakan untuk menyalakan lampu-lampu yang terdapat pada sepeda motor. Suplay daya yang digunakan pada sepeda motor menggunakan baterai jenis baterai yang sering digunakan ialah aki kering dan aki basah. Pada penggunaan aki ada salah satu permasalahan yang sering dihadapi pengguna sepeda motor yaitu terjadi penurunan tegangan pada aki atau istilah umumnya aki tekor sehingga sepeda motor tidak bisa dinyalakan.Permasalahn ini biasanya disebabkan sepeda motor jarang digunakan. Selain itu penyebabnya ialah alternator yang terdapat pada motor tidak berfungsi sempurna. Apabila sudah terjadi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan pengisian daya aki. Pengisian daya aki pada umumnya menggunakan suplay daya listrik dari PLN. Pengisian daya aki sepeda motor menggunakan tenaga surya dilakukan ketika tegangan awal aki kurang dari 12 3 V hingga mencapai tegangan 13 6 Volt. Rentang waktu pengisian menggunakan alat pengisian daya menggunakan tenaga surya berkisar 45 menit sampai 135 menit tergantung dari kondisi tegangan awal dan kondisi cuaca saat proses pengisian. Penggunaan alat pengisian daya menggunakan energi tenaga surya efektig digunakan mulai cuaca cerah hingga cerah berawan. Jika alat ini digunakan maka akan mendapatkan keuntungan biaya sebesar Rp. 389.687 4 setiap tahunnya. Kata Kunci Pengisian Daya Aki Sepeda Motor Suplay Daya Energi Tenaga Surya Panel Surya Solar control charge (SCC).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272599

Actions (login required)

View Item View Item