Rancang bangun elektric socket pada halte berbasis fotovoltaik / Moh. Fakhim Widadiy - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun elektric socket pada halte berbasis fotovoltaik / Moh. Fakhim Widadiy

Widadiy, Moh. Fakhim (2022) Rancang bangun elektric socket pada halte berbasis fotovoltaik / Moh. Fakhim Widadiy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan manusia terhadap energi seiring bertambahnya waktu akan mengalami peningkatan serta berimbas pada ketersediaan bahan bakar fosil semakin menipis. Hal ini menjadikan manusia mencari sumber energi alternatif atau energi terbarukan. Indonesia berpotensi memiliki kekuatan tenaga surya yang banyak tetapi di dalam mengelola potensi dari kekuatan tenaga surya tersebut masih belum dikelola dengan maksimal. Dalam upaya memaksimalkan potensi kekuatan tenaga surya adalah melalui pembaruan energi atau yang populer dengan istilah energi terbarukan upaya pembaruan energi adalah salah satu opsi yang dimiliki Indonesia untuk dapat keluar dari zona permasalahan kekurangan energi di dalam mencukupi kebutuhan energi yang ada. Indonesia sendiri merupakan negara yang terletak di dalam garis khatulistiwa yang membuatnya memiliki penerangan sinar matahari sepanjang tahun yang potensial sebagai upaya alternatif cadangan energi. Maka dari itu upaya untuk memaksimalkan kekuatan tenaga surya harus dikelola dengan sangat baik agar membawa dampak yang efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan energi. Berlandaskan pada fakta-fakta yang disebutkan di atas maka munculah pemikiran untuk melakukan penelitian yang berorientasi pada pemaksimalan potensi tenaga matahari. Khususnya menyediakan energi tersebut sebagai sumber energi alternatif pada halte. Sehingga halte tersebut memiliki suplay energi secara mandiri dan tidak ketergantungan pada energi yang bersumber dari energi konvensioal. Rancang bangun yang digunakan untuk mengendalikan sumber arus serta tegangan listrik pada halte dibuat berdasarkan sistem fotovaltaik. Sistem ini memiliki kelebihan berupa penghematan penggunaan energi listrik yang diambil dari sumber energi konvensional. Ide atau gagasan ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara luas dan hasil dari peneltian ini dapat diterapkan di tempat umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272597

Actions (login required)

View Item View Item