Rancang bangun pico-hydro untuk pompa air kolam ikan koi / Mohammad Badi' Ainul Huda</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun pico-hydro untuk pompa air kolam ikan koi / Mohammad Badi' Ainul Huda</p>

Huda, Mohammad Badi' Ainul (2022) Rancang bangun pico-hydro untuk pompa air kolam ikan koi / Mohammad Badi' Ainul Huda</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bisnis budaya ikan koi di Indonesia sekarang semakin banyak diminati karena bisnis ini cukup menjanjikan dengan omset penjualan yang lumayan besar. Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sampai saat ini masih menjadi primadona dipasar internasional dan merupakan kelompok ikan hias yang harganya relatif stabil. Salah satu daerah yang sudah dikenal banyak orang akan budidaya ikan koinya adalah kabupaten Blitar. Daerah kabupaten Blitar memiliki cuaca dan kondisi alam yang mendukung untuk budidaya ikan koi karena persediaan sumber daya air yang melimpah dan kondisi sekitar kolam yang subur. Disisi lain budidaya ikan koi ini memerlukan perawatan yang khusus salah satunya adalah air kolam haruslah selalu dijaga kebersihanya. untuk menjaga kebersihan air kolam diperlukan sebuah pompa air untuk memfilter dan menambah kadar oksigen yang ada dikolam. Kebersihan kolam dan kadar oksigen yang dihasilkan dapat mempengaruhi corak yang dihasilkan ikan koi semakin baik kondisi air dikolam maka akan semakin bagus juga corak yang dihasilkan. Dalam pemasangan pompa air kolam ikan tentunya pembudidaya memerlukan suplai energi listrik. Kebanyakan kolam ikan koi terletak diarea persawahan dimana untuk saat ini area persawahan jarang dilewati jalur pendistribusian listrik dari PLN. Alternatif suplai energi listrik yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan energi potensial yang dihasilkan oleh aliran sungai irigasi. Dibuatlah rancang bangun pembangkit listrik tenaga pico-hydro ini untuk menjadi alternatif suplai energi listrik. Alat ini memiliki sistem kerja merubah energi potensial jatuh air menjadi energi mekanik yang nantinya akan diubah menjadi energi listrik oleh generator. Daya yang dihasilkan oleh pembangkit ini sekitar 30 W dan dapat memenuhi kebutuhan listrik untuk menghidupkan pompa serta penerangan disekitar instalasi pembangkit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272596

Actions (login required)

View Item View Item