Rancang bangun pintu rumah otomatis menggunakan nodemcu ESP8266 berbasis (IOT) telegram / Adi Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun pintu rumah otomatis menggunakan nodemcu ESP8266 berbasis (IOT) telegram / Adi Wicaksono

Wicaksono, Adi (2022) Rancang bangun pintu rumah otomatis menggunakan nodemcu ESP8266 berbasis (IOT) telegram / Adi Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada masa pandemi ini khususnya di wilayah Kab. Boyolali sering sekali ditemui berita dan kasus kehilangan barang-barang berharga atau kemalingan yang disebabkan kelalaian pemilik rumah. Maka dibuatlah alat pintu rumah otomatis berbasis IoT telegram messenger untuk mencegah tindak kejahatan dan memberikan rasa aman kepada pemilik rumah baik saat ada di rumah atau saat berpergian keluar kota. Alat ini menggunakan Nodemcu ESP8266 sebagai mikrokontroler utama dalam sistem ini. Pintu rumah otomatis ini nantinya akan dikontrol menggunakan pesan perintah melalui aplikasi telegram messenger melalui handphone/smartphone pemilik rumah dengan sistem koneksi internet baik jaringan wifi maupun hotspot seluler yang selalu terhubung dengan alat sehingga pemilik rumah dapat dimudahkan untuk melihat kondisi keamanan rumah saat sedang berada di luar kota. Alat ini memiliki 6 fungsi perintah yaitu buka kunci pintu kunci pintu buka pintu tutup pintu hidupkan lampu dan matikan lampu. Dengan cara mengirimkan pesan perintah melalui aplikasi telegram messenger yang ada pada smartphone pemilik rumah dan akan dikirim menuju mikrokontroler nodemcu esp8266. Berdasarkan hasil pengujian masing-masing perangkat dan keseluruhan prototype ini dapat dikendalikan dari jarak jauh dan jarak dekat dengan catatan bahwa penggunaan provider Telkomsel sangat disarankan karena memiliki delay paling kecil dibandingkan dengan 3 provider lainnya yaitu 60% lebih kecil dibandingkan dengan provider 3 yang memiliki delay terlama dan 34% lebih kecil dibanding rata-rata delay 3 provider lainnya. Selain itu berdasarkan speed test terhadap ke-4 provider Telkomsel memiliki kecepatan internet 109 8% lebih baik daripada rata-rata 3 provider lainnnya. kata kunci Smartphone Aplikasi Telegram Messenger Nodemcu ESP8266.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:29
Last Modified: 30 Mar 2023 04:25
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272590

Actions (login required)

View Item View Item