Monitoring dan controlling lampu jalan umum berbasis internet of things dan android / Dhea Moca Safallah - Repositori Universitas Negeri Malang

Monitoring dan controlling lampu jalan umum berbasis internet of things dan android / Dhea Moca Safallah

Safallah, Dhea Moca (2022) Monitoring dan controlling lampu jalan umum berbasis internet of things dan android / Dhea Moca Safallah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dhea Moca Safallah. 2022. Monitoring dan Controlling lampu Jalan Umum Berbasis Internet of Things (IoT) dan Android. Tugas Akhir. Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata kunci Monitoring Controlling Lampu Jalan Internet of Things Android. Pada dasarnya cara menyalakan lampu jalan masih memiliki kekurangan karena sebenarnya menggunakan saklar manual. Penggunaan perubahan manual untuk menghidupkan dan mematikan lampu jalan tidak hanya boros tetapi juga dapat menimbulkan kerawanan terhadap energy listrik yang digunakan karena terkadang mereka lali mematikan lampu jalan dan terkadang lalai menyalakan lampu jalan yang akan membuat jalanan umum menjadi redup. Oleh karena itu penting untuk menyaring atau mengontrol lampu jalan secara alami dari jarak jauh. Mengamati dan mengontrol penerangan lampu jalan umum bergantung pada IoT dan Android agar lebih mudah untuk mengontrol penerangan jalan umum dari jarak jauh. Petugas yang bertanggung jawab untuk memeriksa dan mengendalikan lampu jalan umum juga dapat menurunkan tegangan catu daya sehingga kecerahan lampu dapat dikontrol dan dirubah. Petugas juga dapat menyalakan dan mematikan lampu sesuai waktu yang tepat. Sistem lampu jalan umum ini berfungsi untuk kendali dan memonitor jarak jauh lampu jalan umum via internet menggunakan aplikasi pada android. Sistem lampu jalan umum ini memiliki dua mode yaitu mode otomatis dan mode manual. Dari hasil pengujian alat yang telah dilakukan pada mode otomatis bahwa lampu akan bekerja berdasarkan sensor LDR. Jika sensor LDR tidak menerima cahaya matahari (malam/sore) maka lampu akan menyala sangat terang. Jika sensor LDR menerima cahaya (pagi/siang) maka lampu tidak menyala. Pada mode manual lampu akan menyala dan mati sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan kemudian intensitas cahayanya dapat diatur menggunakan slider pada plikasi Blynk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Jan 2023 06:22
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272589

Actions (login required)

View Item View Item