Rancang bangun sistem kontrol penyiraman tanaman pada greenhouse berbasis bot telegram / Alvina Rizky - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem kontrol penyiraman tanaman pada greenhouse berbasis bot telegram / Alvina Rizky

Rizky, Alvina (2022) Rancang bangun sistem kontrol penyiraman tanaman pada greenhouse berbasis bot telegram / Alvina Rizky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alvina Rizky. 2022. Sistem Kontrol Penyiraman Tanaman Pada Greenhouse Bebasis Bot Telegram. Tugas Akhir. Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Eng. Siti Sendari S.T M.T. Kata Kunci Kontrol Penyiraman Bot Telegram Kemajuan teknologi terus berkembang dengan pesat sehingga teknologi sangat diperlukan dalam pembangunan sektor pertanian. Cuaca yang sering berubah seperti musim hujan yang tidak bisa diprediksi merupakan salah satu penyebab memanfaatkan teknologi greenhouse yang menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Greenhouse tempat yang tepat untuk mengoptimalkan pertumbuhan pada semua tanaman juga dapat mencegah adanya penyakit yang sering dialami oleh tanaman sehingga memerlukan perlakuan khusus pada setiap tanaman salah satunya yaitu pada faktor penyiraman tanaman. Sistem kontrol penyiraman tanaman dibuat dengan memanfaatkan sistem kontrol penyiraman yang sudah ada dengan perancangan sistem yang memanfaatkan koneksi internet yaitu wifi atau hotspot seluler yang selalu terkoneksi dengan alat untuk kontrol penyiraman tanaman. Sistem bekerja pada saat akan menyiram tanaman yaitu mengkontrol ON dan OFF pada pompa air solenoid valve dan mengambil gambar tanaman untuk mengetahui kondisi tanaman. Setiap aksi kontrol bekerja akan mendapatkan umpan balik berupa pesan balasan yang menunjukkan sistem sedang ON atau OFF sistem error atau sistem tidak error.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272588

Actions (login required)

View Item View Item