Monitoring ketinggian air dan kontrol pompa air pada tangki penampungan berbasis internet of things / Dimas Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Monitoring ketinggian air dan kontrol pompa air pada tangki penampungan berbasis internet of things / Dimas Prasetyo

Prasetyo, Dimas (2022) Monitoring ketinggian air dan kontrol pompa air pada tangki penampungan berbasis internet of things / Dimas Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada tangki penampungan perlu adanya pengawasan seperti monitoring ketinggian air debit air dan pengisian air yaitu pada saat tangki penampungan dalam keadaan kosong pompa air harus dihidupkan dan pada saat keadaan penuh pompa air harus dimatikan. Sehingga di buat alat yang bisa memonitoring ketinggian air dan kontrol pompa air pada tangki penampungan berbasis Internet of Things. Alat ini menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04 untuk mengukur ketinggian air sensor water flow untuk mengukur debit air dan NodeMCU ESP8266 sebagai mikrokontroler yang berfungsi mengontrol alat menerima data dan mengirim data ke aplikasi Blynk. Aplikasi Blynk dibuat untuk menampilkan nilai ketinggian air debit air dan juga bisa mengontrol pompa air serta dapat menyimpan data debit air yang sudah dibaca sebelumnya. Dari hasil pengujian alat bekerja dengan baik dimana alat ini dapat memonitoring ketinggian air debit air di aplikasi Blynk dan dapat menyimpan data debit air serta dapat menyalakan dan mematikan pompa air secara otomatis dan manual. Dalam pengujian sensor ultrasonik yang telah dilakukan terdapat nilai error sebesar 1 679% sedangkan pada sensor water flow terdapat nilai error sebesar 3 807%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272586

Actions (login required)

View Item View Item