Rancang bangun sistem keamanan rumah menggunakan pir berbasis internet of things (iot) / OSA KHOIRUZZAD - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem keamanan rumah menggunakan pir berbasis internet of things (iot) / OSA KHOIRUZZAD

Khoiruzzad, Osa Khoiruzzad (2022) Rancang bangun sistem keamanan rumah menggunakan pir berbasis internet of things (iot) / OSA KHOIRUZZAD. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Osa Khoiruzzad. 2022. Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Menggunakan PIR Berbasis Internet of Things (IoT). Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.Eng Mokh. Sholihul Hadi S.T. M.Eng. Kata Kunci IoT keamanan rumah sensor PIR solenoid door lock smartphone Kasus perampokan dan pencurian di rumah terjadi akibat beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya memberikan pengamanan pada rumah. Kondisi fatal berupa kelalaian penghuni rumah yang lupa mengunci rumah dapat mempermudah pencurian terjadi. Dengan hanya mengandalkan pengaman kunci rumah atau CCTV tidak menutup kemungkinan perampokan dan pencurian dapat dihindari. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem keamanan yang dapat mencegah terjadinya tindakan perampokan ataupun pencurian. Tujuan pembuatan proyek ini yaitu mengimplementasikan PIR HW8002 yang berfungsi sebagai sensor gerak NodeMCU ESP8266 untuk pengontrol sistem dan mengolah masukan dari PIR solenoid door lock LY03 dan buzzer alarm sebagai pengaman yang kemudian didapatkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) sebagai penyusun sistem keamanan rumah yang akan dibangun. Metode yang akan digunakan dalam pembuatan proyek ini yaitu menggunakan metode rancang bangun yang terdiri atas beberapa tahap yakni (1) Identifikasi Kebutuhan (2) Analisis Kebutuhan (3) Konsep dan Rancangan (4) Pembuatan dan (5) Pengujian. Dengan adanya teknologi IoT dan PIR diharapkan dapat memenuhi berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan keamanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sensor PIR HW8002 memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari sensor PIR HW8002 adalah sensor dapat mendeteksi secara baik pergerakan dari objek yang digunakan sebagai faktor utama monitoring dari alat. Sedangkan kelebihan dari sensor PIR HW8002 yaitu memiliki delay pembacaan sehingga data yang dikirimkan pada NodeMCU ESP8266 tidak terbaca secara real time. Dari hasil pembahasan yang penulis ambil dari BAB IV dapat ditarik kesimpulan bahwa gabungan sensor PIR HW8002 dan komponen pembantu lainnya merupakan kolaborasi yang baik untuk selanjutnya digunakan sebagai sistem keamanan rumah berbasis Internet of Things (IoT).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272584

Actions (login required)

View Item View Item